sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Senin, 12 Okt 2020 11:00 WIB

Samsung pimpin pengiriman TV pada Q3 2020, disusul LG

Samsung memimpin pengiriman TV secara global dengan 14,3 juta unit di Q3. Ini lebih dari 2 kali lipat pengiriman yang dilakukan pada kuartal terakhir.

Samsung pimpin pengiriman TV pada Q3 2020, disusul LG

Secara global, pengiriman TV telah meningkat pada kuartal ketiga tahun 2020. Menurut sebuah laporan, Samsung menduduki puncak grafik dengan lebih dari dua kali lipat pengiriman, sementara TCL mendapatkan pengiriman tahun per tahun (YoY) yang besar.

Total 62,5 juta unit TV dikirim secara global pada Q3 2020, sebagaimana informasi dari riset pasar TrendForce. Hal ini membuatnya memperoleh kenaikan per kuartal (QoQ) sebesar 38%, dan peningkatan 12% YoY. Di negara-negara seperti Amerika Utara, pertumbuhan YoY 20% pada Januari-Agustus 2020.

Dilansir dari Gizmochina (12/10), perusahaan seperti Samsung, LG, TCL dilaporkan menuai keuntungan akibat pandemi. Di antara produsen tersebut, TCL mengalami lompatan terbesar dengan peningkatan YoY 57%, yang mana mengirimkan 7,33 juta unit secara total pada Q3 2020. Laporan tersebut mengatakan karena periode karantina yang lebih lama, strategi TCL dalam menggunakan panel layar bikinan sendiri menjadikan harganya kompetitif.

Meski demikian, Samsung memimpin pengiriman TV secara global dengan 14,3 juta unit di Q3. Ini lebih dari 2 kali lipat pengiriman yang dilakukan pada kuartal terakhir. Secara mengejutkan LG berada di posisi kedua meskipun mencatat pertumbuhan YoY paling sedikit. HiSense dan Xiaomi memiliki posisi di bawah setelah TCL yang duduk di urutan ke-3. Laporan itu mengatakan bahwa jika permintaan terus meningkat di Q4, pengiriman akan meningkat lagi hingga 4% menjadi 64,53 juta unit.

Total pengiriman TV pada tahun 2020 akan mencapai 216,09 juta unit, yang akan menjadi penurunan YoY sebesar 0,8% dibandingkan dengan 2019 jika situasinya berubah seperti yang diprediksi oleh TrendForce. Selain itu, jelas bahwa penurunan persentase disebabkan oleh berbagai faktor termasuk pandemi global.

Namun, ada pula hal yang perlu diperhatikan. Sesuai laporan, harga panel TV naik 50% QoQ untuk panel HD 32 inci dan 41% untuk panel UHD 55 inci di Q3. Meskipun perusahaan dilaporkan meraup keuntungan untuk mencapai target pengiriman, mereka harus beradaptasi dengan kenaikan harga di Q4. Ini untuk memastikan mereka mendapatkan pasokan yang stabil dari pabrikan karena bisa naik 15-20% lebih tinggi untuk 32 & 55 inci.

Share
×
tekid
back to top