Samsung pamer NVMe SSD 8TB

SSD anyar tersebut dirancang dengan 16 paket NAND 512 GB milik Samsung, masing-masing ditumpuk dalam 16 lapisan chip 256 Gb V-NAND 3 bit

Samsung pamer NVMe SSD 8TB

Samsung Electronics baru saja mengumumkan peluncuran Solid State Drive (SSD) NVMe dengan kapasitas tertinggi di industri yang berbasis Next-generation Small Form Factor (NGSFF), sebuah SSD NF1 berkapasitas 8 TB. Dilansir dari TechPowerUp (21/6), SSD tersebut telah dioptimalkan untuk aplikasi analitik dan virtualisasi data intensif di pusat data (data center) generasi mendatang dan sistem server enterprise.

“Dengan memperkenalkan SSD NVMe NF1 pertama, Samsung mengambil efisiensi di data center ke standar baru,” kata Senior Vice President of Memory Marketing, Samsung Electronics. “Kami akan terus memimpin tren menuju kemungkinan data center dengan kepadatan sangat tinggi dan sistem perusahaan dengan memberikan solusi penyimpanan berperforma tinggi.”


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Lexar siap bersaing di pasar SSD Indonesia

Colorful luncurkan SSD dengan warna unik khas musim panas

SSD Sony pastikan data aman meski masuk air hingga 1 meter


SSD anyar tersebut dirancang dengan 16 modul memori NAND 512GB milik Samsung, masing-masing ditumpuk dalam 16 lapisan chip 256GB V-NAND 3-bit, sehingga bisa mencapai kepadatan 8TB dalam ukuran yang mungil yaitu hanya 11 x 3,05 cm. Itu adalah dua kali lipat kapasitas yang ditawarkan oleh SSD NVMe M.2 (11 x 2,2 cm) yang secara umum digunakan dalam desain server berskala sangat tinggi dan laptop ultra tipis. SSD NF1 diharapkan dapat dengan cepat dan mudah menggantikan SSD NVMe 2,5 inci konvensional dengan memungkinkan hingga tiga kali kepadatan sistem dalam infrastruktur server yang ada.

SSD NF1 memiliki kontroler baru berperforma tinggi yang mendukung protokol NVMe 1.3 dan antarmuka PCIe 4.0, sehingga menghasilkan kecepatan baca dan tulis masing-masing 3.100 MB/s dan 2.000 MB/s. Kecepatan tersebut lebih dari lima kali lipat dibandingkan dengan SSD SATA pada umumnya. Demi memastikan keandalan data jangka panjang, SSD NF1 NVMe dirancang dengan tingkat ketahanan 1.3 drive write per day (DWPD), yang menjamin penulitas seluruh 8 TB data.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: