Samsung mulai tinggalkan TV LCD demi TV OLED

Saat ini perusahaan itu memang sudah menerapkan teknologi OLED, tetapi hanya untuk smartphone. Sekarang saatnya mereka menghadirkan TV OLED.

Samsung mulai tinggalkan TV LCD demi TV OLED Source: Samsung via What Hifi

Samsung diinformasikan baru saja menutup beberapa lini produksi LCD di Korea Selatan sebagai bagian dari langkah bertahap menuju panel televisi OLED berukuran besar. Menurut beberapa sumber, operasi OLED yang dikembangkan Samsung disebut sebagai “Proyek C”.

Dilansir dari What Hifi (17/8), proyek tersebut pada akhirnya akan menjadikan Samsung menyisakan teknologi panel LCD yang dibutuhkan untuk QLED hanya untuk pasar Tiongkok. Dengan demikian, produksi di negara asalnya hanya berfokus pada teknologi OLED.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Samsung bakal hadirkan TV 8K dengan dukungan format HDR10+

TV OnePlus punya 8 speaker dan dukungan Dolby Atmos

TV OLED 8K pertama di dunia akan hadir di IFA Berlin 2019


“Pada langkah berikutnya, Samsung Display diatur untuk mematikan sisa lini LCD yang tersisa setelah sebagian besar beralih dari teknologi layar lawas tersebut ke panel OLED,” kata sumber yang sangat akrab dengan masalah ini.

Penutupan pabrik Samsung Display di Provinsi Chingcheong Selatan, seharusnya membuat jalan bagi pemasangan peralatan yang diperlukan. Saat ini perusahaan itu memang sudah menerapkan teknologi OLED, tetapi hanya untuk smartphone.

Panel layar OLED buatan Samsung (diberi nama Super AMOLED) sudah banyak ditemukan di perangkat ponsel menengah keatasnya, seperti Galaxy S10+ dan Galaxy Note 10, serta Apple iPhone terbaru yang mencakup iPhone XS dan XS Max. iPhone 11 mendatang juga dikabarkan bakal menopang layar OLED buatan Samsung.

Sudah lama Samsung diperkirakan akan memproduksi televisi berpanel OLED karena biaya pembuatannya semakin menurun. Perusahaan asal Korea Selatan ini kemungkinan besar ingin menyaingi para kompetitornya yang telah mengadopsi OLED sejak lama seperti Panasonic, Sony dan LG. Tahun lalu, dilaporkan Samsung mendirikan departemen R&D untuk generasi baru Quantum Dot hibrida dan televisi OLED.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: