sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 17 Mei 2022 16:29 WIB

Samsung mulai kembangkan prosesor khusus ponsel seri Galaxy

Samsung dikabarkan telah mulai mengembangkan prosesor yang didedikasikan untuk ponsel seri Galaxy. Namun ini akan tersedia pada tahun 2025.

Samsung mulai kembangkan prosesor khusus ponsel seri Galaxy

Samsung adalah salah satu dari segelintir perusahaan ponsel yang memproduksi chipsetnya sendiri. Perusahaan asal Korea Selatan ini memiliki jajaran prosesor di bawah merek Samsung Exynos, mulai dari chip flagship hingga budget, atau kelas menengah.

Baru-baru ini, ada laporan bahwa perusahaan tersebut akan meningkatkan penggunaan chip sendiri di ponsel Samsung Galaxy. Mereka juga dikabarkan sedang mengerjakan chipset khusus untuk perangkat flagship.

Sekarang, laporan baru yang datang dari Korea mengklaim bahwa Divisi Device Solutions (DS) Samsung Electronics telah memulai pengembangan Application Processor (AP), terutama untuk ponsel seri Samsung Galaxy.

Meskipun Samsung telah membuat chip Exynos selama bertahun-tahun, perusahaan ini belum membuat prosesor yang didedikasikan untuk jajaran ponsel Galaxy, yang sekarang telah diputuskan untuk dikerjakan oleh perusahaan.

Langkah ini mirip dengan apa yang dilakukan Apple dengan chip A-series, yang hanya memberi daya pada perangkat dari Apple. Dilansir dari Gizmochina 17/5), namun AP dari Samsung diperkirakan tidak akan tersedia hingga tahun 2025. Pengoptimalan yang berfokus pada satu lini produk ketimbang memiliki konfigurasi umum pasti akan membantu Samsung menawarkan performa yang lebih baik dan konsumsi daya yang rendah.

Sejauh ini, perusahaan telah menggunakan chip dari Qualcomm dan MediaTek bersama dengan jajaran Exynos buatan mereka sendiri. Namun, sebagian besar ponsel flagship dari Samsung ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon dan chip Exynos-nya, tergantung pada wilayahnya.

Terlepas dari chip khusus untuk ponselnya sendiri, Samsung juga berfokus pada perluasan pangsa pasar chip Exynos dan telah memutuskan untuk mengadopsi chipnya sendiri pada semakin banyak ponsel yang berasal dari perusahaan tersebut.

Share
×
tekid
back to top