sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Senin, 28 Jun 2021 14:08 WIB

Samsung minta LG jual smartphone Galaxy di tokonya

Setelah mengetahui LG berniat untuk menjual smartphone milik Apple, Samsung dikabarkan “meminta” LG menjual smartphone-nya di toko LG.

Samsung minta LG jual smartphone Galaxy di tokonya

LG telah mengumumkan perusahaannya menyerah dari bisnis smartphone beberapa waktu lalu. Ini berarti, LG tidak akan lagi akan lagi menjual smartphone buatan sendiri di tokonya, baik online maupun offline.

Kini dikabarkan LG tertarik untuk menjual smartphone merek lain di tokonya, baik online maupun offline. Yang mengejutkan, LG mempertimbangkan untuk menjual smartphone merek Apple sebagai gantinya.

Namun, ada satu vendor yang mendorong LG untuk turut menjual perangkatnya. Gizchina (28/6) melaporkan, vendor tersebut adalah Samsung. Samsung disebut kesal dengan keputusan LG untuk menjual produk Apple di tokonya.

Mereka mengklaim langkah yang diambil LG akan melanggar perjanjian yang ditandatangani oleh kedua perusahaan pada 2018. Dokumen tersebut menyatakan bahwa hanya smartphone buatan LG yang dapat dijual di toko-toko yang dikelola LG dan sebaliknya.

Dokumen ini bertujuan untuk melindungi toko kecil dan menengah yang menjual perangkat lain dari dua raksasa tersebut. Tapi, LG menunjuk pada klausul dalam perjanjian yang mengatakan bahwa hal itu dapat dinegosiasikan ulang jika terjadi perubahan besar.

Dengan keluarnya perusahaan tersebut dari bisnis smartphone tampaknya menjadi hal yang dinilai sebagai "perubahan besar" itu. Asosiasi yang memprakarsai kesepakatan itu juga mempertanyakan langkah LG. Namun, seorang pejabat setuju negosiasi ulang harus diikuti karena keadaan saat ini.

Samsung tidak senang dengan fakta bahwa Apple akan menjual iPhone melalui 400+ toko LG di seluruh Korea. Mereka khawatir langkah ini akan mengancam “aliran baik” penjualan smartphone 5G-nya.

Saat ini, Apple berdiri sebagai vendor smartphone 5G terbesar secara global. Samsung berada di posisi keempat dan berkembang pesat. Namun, ini bisa terancam dengan dirilisnya model iPhone 5G baru yang akan datang pada  September atau Oktober. Saat itulah kesepakatan LG dan Apple seharusnya ditayangkan.

Rencana awal kesepakatan LG dengan Apple termasuk menjual iPhone, iPad, dan Apple Watch. Namun, ini berubah menjadi hanya iPhone. Samsung memberikan tekanan kepada LG dengan secara tidak langsung meminta tiga operator besar (di antaranya LG U+) untuk menuntut agar LG juga membawa smartphone Galaxy di lokasi LG Best Shop.

Hingga saat ini, masih belum ada pernyataan resmi baik dari Samsung dan LG terkait masalah ini.

Share
×
tekid
back to top