Samsung kirim sampel chip 5G ke Vivo dan Oppo

Beberapa vendor Cina termasuk Oppo dan Vivo telah menerima sampel solusi chipset 5G Samsung untuk kepentingan pengujian dan verifikasi.

Samsung kirim sampel chip 5G ke Vivo dan Oppo (Foto: Samsung)

Samsung dikabarkan mulai menyebarkan sampel berupa chipset 5G kepada beberapa vendor smartphone Cina. Komponen ini memang bukan lagi hal baru mengingat Galaxy S10 5G telah dilengkapi dengan Exynos 5100 sudah didukung dengan chip yang sama. Dengan demikian, chip 5G Samsung bisa saja hadir di sejumlah smartphone Cina.

Laporan Digitimes menyebutkan beberapa vendor Cina termasuk Oppo dan Vivo telah menerima sampel solusi chipset 5G Samsung untuk kepentingan pengujian dan verifikasi. Artinya ada kemungkinan smartphone Cina dilengkapi solusi 5G Samsung di tahun depan.


BACA JUGA

Produksi Galaxy Note 10 tersendat perang dagang Jepang-Korsel

Galaxy Note 10 5G bakal hadirkan tiga konfigurasi penyimpanan

Samsung patenkan kacamata lipat AR


Selain Samsung, perusahaan lain juga menawarkan solusi serupa semisal MediaTek, Qualcomm dan Huawei. Namun pengamat industri meyakini Qualcomm dan MediaTek saja tidak akan bisa memenuhi permintaan untuk modem 5G. Guna menghindari ketidakpastian penawaran, perusahaan kemungkinan akan menandatangani kesepakatan dengan Samsung. 

Huawei bisa menjadi opsi lainnya melalui modem Balong 5000 5G. Namun sebagaimana diketahui, biasanya perusahaan tak menjual chipset-nya ke perusahaan lain. Bahkan jika Huawei menjualnya, sebagian besar vendor smartphone akan berpikir dua kali sebelum membelinya karena kondisi Huawei yang berada dalam ancaman larangan AS.

Sementara itu Qualcomm diharapkan bisa mengintegrasikan modem 5G ke Snapdragon 735, yang idealnya akan membuat perangkat dengan harga terjangkau siap mengadopsi 5G. Hal ini juga akan memangkas kebutuhan ruang untuk modem sehingga cukup menguntungkan vendor smartphone.

Terkait Samsung, ada kemungkinan Exynos Modem 5100, Exynos RF 5500, dan Exynos SM 5800 akan menjadi solusi 5G di masa mendatang. Solusi ini bisa digunakan produsen smartphone Cina dimana Samsung tak terpengaruh tarif dagang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: