sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 27 Jul 2022 13:33 WIB

Samsung kembangkan kamera dengan resolusi 450MP

Sebuah kabar terbaru menyebut, Samsung akan menghadirkan kamera dengan resolusi tinggi mencapai 450MP. Ini ditandai dengan pengajuan merek dagang dengan nama ‘Hexa2Pixel’.

Samsung kembangkan kamera dengan resolusi 450MP

Samsung menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan kamera smartphone dengan resolusi hingga 200MP pada tahun lalu. Saat ini, tampaknya perusahaan akan kembali menghadirkan kamera smartphone dengan resolusi yang jauh lebih tinggi lagi. 

Melansir dari GSMArena (27/7), Samsung saat ini dilaporkan telah mengajukan merek dagang baru yang memberikan petunjuk tentang sensor kamera mereka di masa depan. Merek yang disebut dengan ‘Hexa2Pixel’ ini didaftarkan sebagai sensor gambar untuk perangkat fotografi

Kabar tentang merek dagang ini pertama kali terlihat pada portal GalaxyClub, yang kemudian di-tweet kembali oleh Ice Universe. Pembocor ini menyebut, merek dagang ‘Hexa2Pixel’ untuk sensor kamera mendatang diprediksi dapat mencapai resolusi hingga 450MP. 

Samsung biasanya menandai proses binning piksel dengan istilah tertentu. Misalnya, pada sensor kamera 200MP ISOCELL HP1 dan HP3, keduanya menggunakan binning 16-in-1 bermerek ‘Tetra2Pixel RGB Bayer Pattern’. Sehingga, jika merek dagang ‘Hexa2Pixel’ digunakan, tampaknya akan merujuk proses binning piksel 36-in-1. 

Ice Universe menyiratkan, sensor ini akan melakukan binning piksel 36-in-1, yang berarti proses binning akan menggabungkan piksel dalam matriks 6x6. Proses ini akan jauh di atas pengaturan Tetracell (2x2) dan Nonapixel (3x3) yang terdapat sekarang. 

Sebelumnya, Samsung telah merilis teknologi CMOS yang diklaim mampu menghasilkan 12MP. Jika targetnya adalah teknologi CMOS tersebut, maka sensor ‘Hexa2Pixel’ bakal mempunyai resolusi 432MP atau 450MP. 

Proses binning pada sensor kamera 450MP ini disebut akan memungkinkan sensor memiliki ukuran yang lebih kecil. Notebook Check menyebut, ukuran piksel pasca-binning akan cocok atau bahkan melampaui ukuran IMX989 1 inci pada Xiaomi 12S Ultra baru. 

Beberapa tahun yang lalu Samsung dirumorkan sedang mengerjakan sensor kamera dengan resolusi mencapai 600MP. Jadi, sensor ‘Hexa2Pixel’ tampaknya  merupakan isyarat untuk mewakili teknologi sensor kamera Samsung di masa depan. 
 

Share
×
tekid
back to top