Samsung juarai pengiriman smartphone global di Q2 2019

IHS mengungkapkan bahwa Samsung berhasil menjuarai pengiriman smartphone global di Q2 2019, sebesar 331,2 juta unit.

Samsung juarai pengiriman smartphone global di Q2 2019 Source: Unsplash

Pasar smartphone telah mengalami penurunan pengiriman untuk kuartal ke-7 secara berturut-turut. Kini terdapat laporan terbaru dari IHS Markit terkait pengiriman smartphone global. Dilansir dari GSM Arena (7/8), diklaim bahwa pengiriman smartphone global mengalami penurunan di Q2 sebesar 3,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 331,2 juta. 

Ini adalah gambar dari angka pengiriman smartphone global selama Q2 2019


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Oppo jadi yang pertama gunakan Snapdragon 865

Smartphone terbaik 2019 pilihan kami

Apple resmi beli bisnis modem ponsel Intel


Source: GSM Arena

Samsung diklaim menjadi pengirim smartphone terbesar dengan 23 persen pangsa pasar di Q2. Perusahaan tersebut diketahui mengirimkan sebanyak 75,1 juta unit, naik sebesar 6 persen dari tahun lalu. Diperkirakan perusahaan ini juga menangkap lebih banyak pangsa pasar di Eropa dan Amerika Selatan karena Huawei yang sempat berurusan dengan larangan yang dilakukan Amerika Serikat. 

Meski Huawei sempat mendapatkan larangan di pertengahan kuartal ini, namun perusahaan masih mampu mengatasi masalah tersebut dengan baik. Diklaim Huawei telah mengirimkan 58,7 juta unit, yang menempati urutan kedua setelah Samsung. 

Sedangkan Apple mengalami penurunan sebanyak 14,6 persen menjadi 35,3 juta unit. Meskipun perusahaan telah meningkatkan upaya promosinya, namun tampaknya hal tersebut kurang cukup berhasil. Diperkirakan penurunan ini karena harga model iPhone yang tinggi dan penolakan Apple untuk memberi penurunan harga bagi iPhone model lama. 

Sementara Oppo berhasil menempati posisi ketiga dan menyusul Apple. Pasalnya perusahaan ini telah memperluas kehadirannya di Eropa dan India. Perusahaan ini telah meluncurkan jaringan 5G-nya di seluruh Eropa, termasuk memasok beberapa smartphone berkemampuan 5G pertama dan memperkuat hubungannya dengan operator tersebut. Di sisi lain, Xiaomi menempati posisi kelima karena juga berfokus di Eropa dan India.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: