Samsung jadi vendor pertama yang ingin produksi RAM 12Gb LPDDR5

Kecepatan RAM dari LPDDR5 miik Samsung akan dapat mencapai 5.500Mb/s, atau 1,3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Samsung jadi vendor pertama yang ingin produksi RAM 12Gb LPDDR5 RAM Samsung (Wccftech_

Samsung saat ini merupakan perusahaan pembuat RAM terbesar saat ini. Hal ini dikarenakan mereka memproduksi hampir semua jenis RAM, mulai dari RAM untuk komputer hingga RAM untuk smartphone.

Saat ini, RAM smartphone yang cukup terkenal milik mereka adalah LPDDR4X. Namun, belakangan ini Samsung dikabarkan akan mendorong diri mereka untuk memproduksi DRAM smartphone LPDDR5 dengan kapasitas hingga 12GB.


BACA JUGA

Samsung ketahuan punya paten smartphone lipat terbaru

Menjajal beberapa fitur Galaxy Note 10 dan Note 10+, Air Action salah satunya

Samsung segera rilis casing Marvel Galaxy Note 10


Pihak samsung mengatakan, RAM ini bukan hanya untuk penggunaan RAM seperti biasa. Dengan hadirnya LPDDR5, mereka ingin sebuah memory yang dioptimalkan untuk jaringan 5G dan AI di masa depan.

Selain itu, Samsung berencana memproduksi paket LPDDR5 12 Gigabit (Gb) secara massal akhir bulan ini, yang masing-masing paket menggabungkan delapan dari chip 12Gb. Hal ini mengungkapkan bahwa perangkat premium masa depan akan menuntut yang terbaik dalam hal memori yang lebih cepat, lebih efisien, dan Samsung ingin menjadi yang terdepan dalam kurva penawaran dan permintaan.

“Dengan produksi massal LPDDR5 12Gb yang dibangun di atas proses 10 nm terbaru Samsung generasi kedua, kami sangat senang dapat mendukung peluncuran smartphone unggulan 5G tepat waktu untuk pelanggan kami di seluruh dunia. Samsung tetap berkomitmen untuk secara cepat memperkenalkan teknologi memori seluler generasi berikutnya yang memberikan kinerja lebih besar dan kapasitas lebih tinggi, karena kami terus secara agresif mendorong pertumbuhan pasar memori premium," kata Wakil Presiden Eksekutif Produk & Teknologi DRAM Samsung, Jung-bae Lee seperti dikutip dari laman Wccftech (19/7/2019).

Dengan hadirnya RAM ini, smartphone di masa depan akan dapat mencapai performa yang tidak bisa dilihat pada masa ini. Hal ini dikarenakan kecepatan RAM LPDDR5 akan memiliki kecepatan 1,3 kali dari generasi sebelumnya, dimana akan memiliki kecepatan hinga 5.500mb/s.

Setelah paket 12Gb LPPDR5 diubah menjadi 12GB, paket ini dapat mentransfer data 44GB, yang setara dengan sekitar 12 film ukuran full HD yang masing-masing memiliki kapasitas 3,7GB hanya dalam satu detik.

Sayang, masih belum diketahui apakah mereka akan menggunakan RAM ini untuk perangkat Galaxy S11 atau Note 11 mereka atau tidak. Masih belum diketahui juga apakah prosesor selain Exynos akan dapat menjalankan memory ini dalam waktu dekat ini atau tidak.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: