Samsung gandeng AMD buat GPU untuk chipset Exynos

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan GPU hasil kolaborasi AMD dan Samsung yang bernama Radeon IP akan selesai dikembangkan.

Samsung gandeng AMD buat GPU untuk chipset Exynos ilustrasi bermain game (pexels)

Selama ini, Samsung menggunakan GPU Mali yang dikombinasikan dengan  prosesor Exynos yang digunakan pada beberapa perangkat mereka. Namun, mereka tengah dikabarkan ingin membuat sebuah GPU milik mereka sendiri untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Sayang, hingga saat ini berita mengenai pengembangan GPU tersebut masih simpang siur. Sampai beberapa waktu yang lalu, Samsung mengaku menyerah untuk mengembangkan GPU mereka sendiri.


BACA JUGA

PES 2020 dipastikan akan punya versi mobile

Gamer PUBG di Xbox One dan PlayStation 4 bisa main bareng

Gears of War mobile bakal luncur 22 Agustus


Sebagai gantinya, mereka mengumumkan kemitraan strategis dengan raksasa komputasi AMD untuk mengembangkan dan memproduksi chipset grafis seluler untuk smartphone Samsung.

Techradar (10/6/2019) melaporkan, mereka akan menggunakan chipset khusus untuk membuat GPU untuk Samsung. Namun, mereka akan menggunakan arsitektur GPU yang mereka miliki saat ini sebagai cetak birunya.

GPU tersebut akan disebut sebagai Radeon IP. AMD dan Samsung melaporkan, GPU tersebut akan menjanjikan daya sangat rendah namun memiliki kinerja tinggi. Mereka akan menyematkan GPU tersebut di prosesor Exynos System-on-Chip (SoC) Samsung di masa depan.

Integrasi teknologi Radeon yang sukses ke dalam smartphone seharusnya, secara teoritis, memungkinkan pemrosesan grafis yang lebih kuat jika dibandingkan dengan GPU mobile yang ada saat ini.

Sebagai hasilnya, kita berpotensi melihat perangkat yang memiliki kemampuan grafis yang lebih layak. Atau bisa saja muncul smartphone flagships atau premium yang dapat menjalankan game dan simulasi yang lebih intensif dan lebih tidak cepat panas.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan GPU ini akan siap untuk diproduksi secara masal. Belum diketahui juga apakah AMD nantinya juga akan membuka pintu terhadap vendor chipset mobile lain terhadap pengembangan GPU untuk mobile.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: