sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 18 Mei 2021 07:21 WIB

Tinggalkan TizenOS, Samsung Galaxy Watch 4 pakai One UI 3 berbasis WearOS

Samsung Galaxy Watch 4 diketahui akan memiliki 3 model berbeda, dengan menggunakan One UI 3 berbasis WearOS.

Tinggalkan TizenOS, Samsung Galaxy Watch 4 pakai One UI 3 berbasis WearOS
Source: Gizchina

Menjelang paruh kedua 2021, Samsung diketahui sedang menyiapkan generasi terbaru dari seri Galaxy Watch. Model yang dirilis tahun lalu cukup sukses. Kini, perusahaan dilaporkan akan mengusung moniker Galaxy Watch 4, dengan beberapa model di bawahnya.

Menurut laporan yang dikutip dari Gizchina (18/5), seri Galaxy Watch 4 akan hadir membawa nama kode Wise, Fresh, dan Lucky. Wise dikatakan akan hadir dengan bezel ikonik dari Samsung yang berputar, sedangkan Fresh dan Lucky mungkin akan memiliki elemen desain yang sporti.

Di samping itu, smartwatch juga dilaporkan akan berjalan pada WearOS Google, bukan lagi TizenOS milik perusahaan. Ini merupakan perubahan besar, di mana Samsung sudah bertahan menggunakan perangkat lunaknya sendiri untuk waktu yang lama, tidak seperti sebagian besar perusahaan teknolog lainnya.

Google saat ini sedang berupaya meningkatkan WearOS dan menjadikannya pilihan universal bagi jam tangan pintar. Sejauh ini, kelemahan utama WearOS adalah masa pakai baterai yang terbatas. Perusahaan tampaknya sudah melewati masalah ini dengan meluncurkan perangkat wearable menggunakan perangkat lunaknya sendiri.

Namun, Galaxy Watch 4 tidak serta merta menggunakan WearOS generik. Menurut laporan, Samsung akan menempatkan One UI 3 yang berbasis WearOS. Samsung memperkenalkan One UI beberapa tahun lalu dan sudah di iterasi ketiga.

Alih-alih membangunnya dari awal, Samsung memiliki WearOs dan semua manfaat di bawahnya. Laporan menyatakan, Samsung akan menyertakan fitur SmartThings pada jam tangan pintar yang akan datang. Perusahaan akan mengubah antarmuka pengguna untuk kemudahan. Perangkat juga akan mendukung fitur walkie-talkie, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan suara singkat ke teman-teman, langsung dari pergelangan tangan mereka.

Share
×
tekid
back to top