sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Nov 2022 10:15 WIB

Samsung Galaxy S23 akan punya konektivitas satelit

Samsung diinformasikan bekerja sama dengan Iridium untuk menghadirkan konektivitas satelit ke dalam ponsel seri Galaxy S23.

Samsung Galaxy S23 akan punya konektivitas satelit
Samsung Galaxy S22

Mengikuti jejak Apple dan Huawei, Samsung juga dilaporkan berencana untuk menambahkan fitur komunikasi satelit ke dalam seri Galaxy S23 mendatang. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikatakan bermitra dengan Iridium, sebuah perusahaan komunikasi satelit global, untuk mengirimkan data seperti pesan teks dan gambar berkapasitas rendah melalui satelit.

Publikasi Korea Selatan Etnews mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir Samsung telah bekerja keras untuk mengatasi teknologi komunikasi satelit. Mereka bekerja sama dengan Iridium, yang merupakan perusahaan komunikasi satelit mapan berbasis di AS. Iridium menyediakan layanan komunikasi suara dan data di luar angkasa menggunakan 66 satelit komunikasi orbit rendah bumi.

Untuk mengaktifkan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi melalui satelit, diperlukan antena (RF) yang besar. Jadi, tantangan terbesar komunikasi satelit adalah membuat antena yang tidak mencolok. Dilansir dari Gizmochina (25/11), Samsung sudah dapat mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, teknologi untuk mengintegrasikan modem komunikasi seluler dan satelit untuk memproses data digital juga dilaporkan sebagian besar telah rampung. Samsung belum mengonfirmasi detail apapun tentang fitur baru ini.

Seperti yang telah disebutkan, Huawei dan Apple sudah memperkenalkan fitur komunikasi satelit dengan ponsel flagship terbaru mereka. Pengguna iPhone 14 di AS dan Kanada dapat menggunakan fitur baru ini untuk berkomunikasi dengan layanan darurat saat sinyal seluler tidak tersedia.

Apple mengatakan dalam kondisi ideal dengan pandangan langsung ke langit dan cakrawala, pesan yang dikirim melalui satelit komunikasi mungkin membutuhkan waktu 15 detik, dan lebih dari satu menit untuk dikirim di bawah pohon dengan dedaunan ringan atau sedang.

Share
×
tekid
back to top