sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 16 Jan 2021 07:16 WIB

Samsung Galaxy S21 bisa dijadikan kunci mobil

Pengguna mobil Audi, BMW, Ford, dan Genesis dapat membuka pintu mobil mereka menggunakan ponsel Samsung seri Galaxy S21.

Samsung Galaxy S21 bisa dijadikan kunci mobil
Source: Gizmochina

Semakin lama, kegunaan ponsel pintar sudah berkembang pesat. Sebentar lagi tampaknya perangkat mobile ini akan segera dapat digunakan sebagai kunci mobil. Pasalnya, Samsung baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk bermitra dengan beberapa produsen mobil demi memungkinkan ponsel Galaxy S21 berfungsi ganda sebagai kunci digital pada mobil tertentu.

Perusahaan asal Korea Selatan ini menyatakan telah memulai kemitraan dengan beberapa produsen mobil terkenal seperti Audi, BMW, Ford, dan Genesis agar dapat memungkinkan pemilik ponsel seri Galaxy S21 terbaru membuka pintu mobilnya menggunakan ponsel saat mendekati kendaraan.

Dilansir dari Gizmochina (16/1), dengan perhitungan jarak yang tepat, kunci digital berkemampuan Ultra Wide Band (UWB) mengirimkan sinyal pendek antar ponsel dan mobil yang sudah dihubungkan sehingga membuka kunci pintu begitu pengguna mendekatinya. Samsung mengatakan teknologi NFC juga memberikan opsi lain untuk penggunaan kunci digital meski kurang presisi.

Produk Samsung yang saat ini memiliki teknologi UWB adalah Galaxy S21 Plus, Galaxy S21 Ultra, dan Galaxy Note 20. Galaxy S21 memang tidak memiliki UWB tetapi juga dapat berfungsi sebagai kunci melalui teknologi NFC.

Saat ini Samsung bekerja sama dengan sejumlah konsorsium industri untuk membekukan UWB dan teknologi kunci digital yang dapat digunakan di beberapa merek ponsel. Dengan demikian, teknologi ini tidak akan eksklusif untuk perangkat Samsung saja.

Sebelumnya Apple telah memilih fitur kunci digital dalam kemitraan dengan BMW yang beroperasi pada teknologi NFC, tetapi hanya berdasarkan pada satu model mobil BMW. Belum lama ini pabrikan mobil asal Jerman tersebut mengumumkan fitur Digital Key Plus yang mendukung UWB pada BMW iX bertenaga listrik.

Setelah UWB menjadi tersedia secara komersial, tentu saja akan ada lebih banyak ponsel ponsel dan kendaraan yang mendukung kunci digital serta memberikan lapisan perlindungan tambahan saat kunci ‘asli’ hilang.

Share
×
tekid
back to top