sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Selasa, 05 Des 2023 11:08 WIB

Samsung dan Google tantang Dolby Atmos dengan format audio IAMF

Samsung dan Google berkolaborasi untuk menciptakan teknologi audio spasial 3D open-source baru yang disebut Immersive Audio Model and Formats (IAMF).

Samsung dan Google tantang Dolby Atmos dengan format audio IAMF

Samsung dan Google berkolaborasi untuk menciptakan teknologi audio spasial 3D open-source baru yang disebut Immersive Audio Model and Formats (IAMF). Format ini digadang-gadang berpotensi menantang dominasi Dolby Atmos.

Dilansir dari Gizmochina (5/12), perkembangan IAMF berasal dari kesadaran akan keterbatasan solusi audio 3D yang ada, seperti Dolby Atmos. Tim peneliti Samsung mengidentifikasi bahwa teknologi saat ini gagal menafsirkan informasi suara 3D dengan benar, sehingga mengakibatkan berkurangnya pengalaman audio.

IAMF mengatasi kekurangan ini dengan menggabungkan tiga fitur utama: suara vertikal, analisis adegan AI, dan audio yang disesuaikan pengguna.

“IAMF meningkatkan realisme suara dengan memungkinkan pendengar merasakan audio di depan, belakang, atau di kedua sisi, serta di atas atau di bawah mereka. Artinya ketika teknologi IAMF diintegrasikan ke dalam speaker dan soundbar TV rumah, pendengar dapat merasakan suara seperti burung yang terbang di atas kepala di TV mereka,” jelas WooHyun Nam dari Tim Teknologi Visual Samsung Research.

IAMF juga menggunakan AI dan algoritma deep learning untuk menganalisis adegan secara cerdas dan menyesuaikan level audio. Misalnya, saat adegan dengan musik latar atau soundtrack yang menonjol, IAMF menyeimbangkan suara untuk memastikan fokus utama tetap pada dialog.

Demikian pula, opsi penyesuaian audio yang dipersonalisasi semakin meningkatkan pengalaman IAMF dengan memungkinkan pengguna menyesuaikan audio sesuai preferensi mereka. Opsi ini termasuk menyesuaikan intensitas efek suara dalam adegan aksi atau meningkatkan kejelasan dialog selama percakapan.

Penerapan Dolby Atmos oleh Samsung di TV pada tahun 2022 menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pengalaman audio yang imersif. Namun, keputusannya untuk tetap menggunakan format HDR10+ dibandingkan Dolby Vision menimbulkan pertanyaan tentang hubungannya di masa depan dengan Dolby Atmos.

Dengan hadirnya IAMF, Samsung tampaknya mulai mengambil langkah tersendiri dalam bidang audio spasial 3D, yang berpotensi menandakan peralihan dari Dolby Atmos di TV Samsung di masa mendatang.

Share
×
tekid
back to top