Samsung bakal jual chipset Exynos ke vendor lain

Artinya, akan ada smartphone non-Samsung yang bakal menggunakan chipset Exynos

Samsung Electronics berencana untuk menjual prosesor mobile Exynos ke vendor smartphone lainnya. Dari laporan yang kami rangkum dari Digitimes (24/1), rencana ini demi memperluas pangsa platform chip ponsel pintar besutan Samsung.


BACA JUGA

Samsung jadi vendor pertama yang ingin produksi RAM 12Gb LPDDR5

Samsung mulai rancang Galaxy Fold 2

Samsung hadirkan Galaxy A80 dengan rotating camera


Langkah Samsung untuk memperluas pasar chipset mobile mereka akan menyentuh segmen ponsel kelas menengah. Sementara di segmen ini, ada MediaTek dari Taiwan yang lebih dahulu fokus mengembangkan chipset mobile untuk ponsel pintar kelas menengah.

Pada 2017, Samsung berada di peringkat 4 dalam pangsa pasar platform chipset smartphone global. Di sini ada pemimpin industri seperti, Qualcomm, Apple. dan MediaTek

Kendati niat Samsung untuk menawarkan chipset mobile mereka ke vendor lain termasuk langkah bagus, namun belum tentu rencananya bakal mulus untuk menggeser posisi ketiga. Hal ini tergantung pada apa yang Samsung tawarkan ke vendor ponsel pintar lainnya.

Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), memprediksi bahwa pasar ponsel pintar kelas premium akan melemah tahun ini. Tidak mengherankan bila rencana Samsung menjual produk chipset mobile mereka ke vendor lain menjadi salah satu strategi penting. Bagi MediaTek, tekanan baru dari Samsung diperkirakan akan mengganggu rencana bisnisnya pada 2018 ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: