sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Selasa, 13 Jul 2021 10:05 WIB

Samsung akan produksi prosesor 3nm tahun depan

Samsung Foundry, salah satu unit pembuat prosesor Samsung menjelaskan jika sebenarnya perusahaan telah siap untuk memproduksi prosesor terbaru pada tahun ini.

Samsung akan produksi prosesor 3nm tahun depan
Source: Samsung

Samsung telah meluncurkan teknologi fabrikasi 3GAE (3nm Gate-All-Around Early) dan 3GAP (3nm Gate-All-Around Plus) pada Mei 2019. Perusahaan menjanjikan prosesor dengan teknologi baru ini dapat menghasilkan pengurangan yang signifikan dalam konsumsi daya dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Samsung menghitung jika teknologi prosesor tersebut dapat meningkatan kinerja hingga 35% dan pengurangan konsumsi daya 50%, jika dibandingkan denganfabrikasi 7LPP yang sudah ada.

Dilansir Gizmochina (13/7), Samsung Foundry, salah satu unit pembuat prosesor Samsung menjelaskan jika sebenarnya perusahaan telah siap untuk memproduksi prosesor terbaru pada tahun ini sesuai jadwal roadmap. Namun berhubung terjadi pandemi, perusahaan akhirnya melakukan perubahan terhadap ekspektasi dan target dalam memproduksi prosesor dengan teknologi fabrikasi 3nm.

Samsung Foundry kini telah membuat perubahan pada skema distribusi prosesor 3nm. Awalnya perusahaan menyatakan bahwa prosesor 3GAE pertama akan diproduksi secara massal mulai tahun depan. Namun, tampaknya prosesor 3GAE diindikasi batal diproduksi secara massal karena perusahaan telah menghapusnya dari roadmap yang ditampilkan pada acara Foundry 2021, di Tiongkok.

Indikasi tersebut menjelaskan jika Samsung akan memproduksi prosesor dengan teknologi 3GAE hanya untuk penggunaan secara internal di smartphone-nya. Sedangkan untuk penerus prosesor 3GAE, yakni 3GAP, dikabarkan dapat memulai produksi dalam skala besar pada 2023. Tidak hanya target dari prosesor dengan fabrikasi 3nm, perusahaan juga menjelaskan target untuk beberapa teknologi prosesor lainnya seperti 5LPP dan 4LPP pada roadmap. Kedua prosesor tersebut, masing-masing akan diproduksi dalam skala besar pada 2021 dan 2022.

Kekuatan untuk memproduksi prosesor tidak lepas dari dukungan Samsung Foundry. Untuk diketahui, Samsung Foundry adalah pembuat prosesor smartphone terbesar kedua setelah TSMC. Ini merupakan unit independen, cabang dari Samsung, yang terus menyediakan pasokan prosesor untuk perusahaan. Sementara itu, prosesor saat ini dengan teknologi fabrikasi 5nm telah menghiasi produk unggulan Samsung. Dengan hadirnya teknologi 3nm mendatang, tentu perusahaan mampu menawarkan prosesor yang lebih unggul, lebih bertenaga, dan lebih efisien.

Share
×
tekid
back to top