sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Selasa, 18 Jun 2024 11:33 WIB

Samsung akan kembangkan GPU sendiri, hentikan kemitraan dengan AMD

Namun, awal bulan lalu tipster @rquandt mengisyaratkan bahwa Samsung mungkin menghentikan kemitraan dengan AMD setelah tahun 2025.

Samsung akan kembangkan GPU sendiri, hentikan kemitraan dengan AMD

Samsung telah menggunakan GPU Xclips (dibuat bekerja sama dengan AMD) pada chip Exynos kelas atas. GPU tersebut dilengkapi dengan IP grafis AMD RDNA dan diproyeksikan menawarkan kinerja ray tracing yang cukup lebih baik.

Namun, awal bulan lalu tipster @rquandt mengisyaratkan bahwa Samsung mungkin menghentikan kemitraan dengan AMD setelah tahun 2025. “Pada tahun 2026, Samsung tampaknya bertujuan untuk merilis SoC flagship generasi berikutnya yang dilengkapi dengan GPU-nya sendiri,” katanya, sebagaimana dilansir dari Gizmochina.

Dalam berita terbaru, platform Korea Naver mengisyaratkan hal yang sama. Reporter Jinsol Lee berbicara tentang Samsung yang mempertimbangkan investasi di GPU pada rapat dewan. Menurut laporan tersebut, seorang eksekutif perusahaan di komite manajemen dalam dewan direksi telah memutuskan untuk berinvestasi di GPU. Di tingkat manajemen, investasi ini diharapkan dapat memperkuat “daya saing bisnis terkait GPU atau memperluas infrastruktur teknologi informasi (TI) internal perusahaan.”

Hal ini agak tidak biasa karena agenda investasi sejauh ini terfokus pada chip memori dan pengecoran. Ini adalah pertama kalinya Samsung Electronics memutuskan untuk berinvestasi pada GPU di komite manajemen sejak tahun 2012 ketika agenda tersebut diumumkan ke publik.

Dalam rapat Komite Manajemen, semikonduktor memori dan konstruksi pabrik pengecoran serta investasi fasilitas ditinjau. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga berinvestasi pada chip AI dan metode pengemasan yang canggih.

Mengingat GPU yang dikembangkan sendiri oleh Samsung berhasil bersaing dengan GPU Adreno atau Mali, hal ini akan memberi perusahaan kontrol lebih besar atas produknya dan kemungkinan juga akan menghemat sejumlah biaya.

Meski begitu, Exynos 2500 akan tetap menampilkan GPU RDNA – Xclips 950. Namun rumor terbaru juga menyebutkan bahwa Samsung mungkin tidak akan menggunakan chipset tersebut sama sekali di seri Galaxy S25. Meskipun demikian, peluncurannya masih beberapa bulan lagi dan informasi lebih lanjut akan muncul di masa mendatang.

Share
×
tekid
back to top