sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
Jumat, 08 Mei 2020 13:04 WIB

Samsung akan hadirkan kartu fisik Samsung Pay

Samsung berencana membuat kartu fisik dari layanan Samsung Pay, menyusul Apple Pay dengan White Card.

Samsung akan hadirkan kartu fisik Samsung Pay
Source: Slashgear

Lima tahun sudah Samsung Pay hadir di lini layanan sistem pembayaran mobile. Di tahun yang kelima ini, Samsung berencana membuat kartu fisik dari layanan tersebut. Ironis memang mengingat perusahaan lain berbondong-bondong membuat inovasi dompet digital alih-alih kartu fisik. Namun, perusahaan teknologi besar sekelas Apple dan Google telah lebih dulu membuat inisiatif kartu fisik.

Secara teknis, Samsung Pay diakui sebagai opsi yang lebih menarik di antara sistem pembayaran tanpa kontak lainnya. Pasalnya, tidak hanya NFC, Samsung Pay juga mendukung Magnetic Secure Transmission atau MST pada beberapa ponsel kelas atas, yang memungkinkan pengguna atau pedagang untuk menggunakan terminal berbasis magstripe yang ada. Sementara NFC, yang banyak diandalkan sistem pembayaran lain, membutuhkan point-of-sale baru untuk lebih dulu diinstal dan dikonfigurasikan.

Rencana Samsung merilis kartu debit fisik ini sebagai perpanjangan dari platform Samsung Pay yang sejalan dengan apa yang dilakukan Apple Pay melalui White Card dan. Hal serupa juga sedang disiapkan Google. Bahkan beredar kabar kalau LG juga akan meluncurkan kartunya sendiri dan mengadopsi kombinasi NFC dan MST Samsung Pay.

Dilansir dari Slashgear (8/5), salah satu alasan Samsung memilih ekspansi ini adalah untuk memperluas cakupan dan penggunaan Samsung Pay. Seperti yang diketahui, MST hanya ada pada ponsel-ponsel flagship kelas atas, membuat ponsel dan pengguna lain hanya puas dengan NFC. Dan pada akhirnya menempatkan Samsung Pay pada level yang sama dengan Apple Pay dan Google Pay.

Samsung berencana membawa kartu ini pada musim panas dengan bermitra bersama perusahaan keuangan SoFi yang terbilang masih baru. Tentu saja untuk membawanya ke pasar, masih membutuhkan waktu yang lebih lama. Ini karena pembuatan kartu debit membutuhkan serangkaian sertifikasi dan lisensi sebelum mulai dipasarkan.

Share
back to top