sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Kamis, 23 Nov 2023 12:06 WIB

Sam Altman kembali jadi CEO OpenAI

OpenAI menyelesaikan krisis kepemimpinan: Sam Altman diangkat kembali sebagai CEO di tengah perombakan tata kelola.

Sam Altman kembali jadi CEO OpenAI

Dalam peristiwa yang mengejutkan, OpenAI telah mengumumkan pengangkatan kembali Sam Altman sebagai CEO setelah krisis internal selama seminggu seputar pemberhentian mendadaknya. Keputusan awal tersebut telah memicu kekhawatiran akan eksodus massal dari perusahaan tersebut, dengan ratusan anggota staf mengancam untuk berhenti sebagai bentuk solidaritas.

Dilansir dari Gizmochina (23/11), resolusi tersebut melibatkan pembentukan dewan baru yang diketuai oleh mantan eksekutif Salesforce Bret Taylor. Tokoh-tokoh penting seperti mantan Menteri Keuangan AS Larry Summers dan CEO Quora Adam D’Angelo akan bergabung dengan dewan direksi.

Altman, salah satu pendiri dan mantan CEO, menyatakan antisipasinya untuk kembali ke OpenAI dan menyoroti pentingnya membangun kemitraan yang kuat dengan Microsoft, pemain utama dalam investasi OpenAI.

Pergolakan dimulai ketika Altman dicopot dari posisi CEO, memicu gejolak internal dan tekanan investor terhadap stabilitas. Microsoft, salah satu investor besar, awalnya menawarkan Altman untuk memimpin tim peneliti AI baru. Namun, Altman, dengan dukungan CEO Microsoft Satya Nadella, akan kembali sebagai CEO OpenAI di bawah struktur kepemimpinan baru.

Nadella menyambut baik perubahan kepemimpinan tersebut, dan menekankan pentingnya perubahan ini dalam mencapai pemerintahan yang lebih stabil, terinformasi dengan baik, dan efektif. Microsoft sedang mempertimbangkan perubahan dalam struktur tata kelola OpenAI, termasuk kemungkinan meningkatkan ukuran dewan direksi dan meningkatkan tingkat pengalaman yang diperlukan bagi anggota. Hal ini sejalan dengan tujuan Microsoft untuk meningkatkan perlindungan, mengingat investasi besarnya sebesar $13 miliar pada OpenAI.

Negosiasi sedang berlangsung antara Altman, dewan OpenAI, dan CEO sementara Emmett Shear mengenai kemungkinan pengangkatan kembali Altman. Nadella telah menyatakan ketidakpuasannya dengan kurangnya pemberitahuan dari dewan OpenAI sebelum penghentian Altman, dan menggarisbawahi pentingnya komunikasi dan kolaborasi.

Terlepas dari kembalinya Altman, Nadella bersikeras melakukan perubahan tata kelola yang signifikan di OpenAI. Microsoft sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk menempatkan salah satu eksekutifnya di dewan OpenAI tetapi berhati-hati terhadap potensi tantangan dari regulator AS.

Nasib kembalinya Altman dan dewan direksi saat ini kemungkinan besar akan membentuk lintasan masa depan OpenAI, sebuah perusahaan yang terkenal dengan produk andalannya, ChatGPT. Chatbot berbasis model bahasa tingkat lanjut tersebut memperoleh popularitas global, menjangkau lebih dari 100 juta pengguna bulanan dalam waktu satu tahun setelah dirilis ke publik pada November 2022.

Share
×
tekid
back to top