sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 04 Jul 2024 14:03 WIB

Saham Amazon melejit, Jeff Bezos cairkan dana Rp82 triliun

Dalam sebuah langkah yang bertepatan dengan harga saham Amazon yang memecahkan rekor tertinggi, Jeff Bezos berencana untuk menjual 25 juta saham.

Saham Amazon melejit, Jeff Bezos cairkan dana Rp82 triliun

Dalam sebuah langkah yang bertepatan dengan harga saham Amazon yang memecahkan rekor tertinggi, pendiri Jeff Bezos berencana untuk menjual 25 juta saham perusahaan tersebut, senilai sekitar $5 miliar (Rp82 triliun). Hal ini menyusul penjualan saham pertamanya pada bulan Februari tahun ini, menandai pertama kalinya dia mengurangi kepemilikannya sejak tahun 2021.

Dilansir dari Gizmochina (4/7), meskipun terjadi penjualan, Bezos akan tetap mempertahankan kepemilikan yang signifikan, memegang sekitar 912 juta saham, yang berarti 8,8% dari perusahaan. Saat ini ia adalah orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan bersih $221,6 miliar (Rp3.623 triliun). Usaha bisnis Bezos melampaui Amazon, mencakup Blue Origin (eksplorasi ruang angkasa) dan The Washington Post.

Saham Amazon ditutup pada level tertinggi dalam sejarah sebesar $200 (Rp3,3 juta) pada hari Selasa, didorong oleh optimisme seputar potensi teknologi AI generatif dan dampaknya terhadap bisnis komputasi awan perusahaan. Tahun ini saja, saham Amazon mengalami lonjakan sebesar 32%.

Relokasi Bezos baru-baru ini dari Seattle ke Miami juga memicu diskusi terkait perpajakan. Meskipun negara bagian Washington mengenakan pajak keuntungan modal sebesar 7%, Florida tidak menerapkan pajak tersebut, sehingga berpotensi menghemat ratusan juta dolar bagi Bezos.

Share
×
tekid
back to top