Ryzen seri 3000 bakal capai kecepatan boost hinga 4,5GHz

Beberapa bocoran mengatakan prosesor Ryzen seri 3000 akan memiliki peningkatan 15 persen dalam hal IPC dari prosesor generasi sebelumnya.

Ryzen seri 3000 bakal capai kecepatan boost hinga 4,5GHz AMD Zen 2 -2 (Tom's Hardware)

Semakin dekat dengan hari peluncuran prosesor terbaru AMD, yakni Ryzen seri 3000, semakin banyak bocoran yang mencuat. Belakangan ini diketahui bahwa mereka terus melakukan pengujian terhadap prosesor tersebut.

Kabarnya, prosesor yang akan berinti Zen 2, menggunakan teknologi fabrikasi 7nm memiliki performa yang sangat tinggi. Dalam sebuah laporan, prosesor sampel tersebut akan memiliki peningkatan 15 persen dalam hal IPC dari generasi sebelumnya.


BACA JUGA

IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor

AMD sesumbar CPU terbaru mereka tidak akan terserang ZombieLoad

Bocoran spesifikasi Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G


Peningkatan lain yang tersedia di prosesor generasi baru ini adalah peningkatan boost clock yang cukup tinggi. Wccftech (29/4) melaporkan, peningkatan boost clock di Ryzen seri 300 akan mencapai 4,5GHz.

Meskipun dirasa cukup tinggi, namun kecepatan tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan prosesor mainstream tertinggi milik Intel saat ini, i9-9900K. Prosesor tersebut dapat mencapai boost hingga 5GHz, namun hanya terbatas di 1 inti saja.

Tapi, harus diingat bahwa setiap prosesor di Ryzen series memiliki core count yang sangat tinggi. Dengan ditambah dengan teknologi hyper threading, membuat prosesor tersebut semakin bertenaga.

Peningkatan lain juga kabarnya datang ke dukungan RAM yang lebih baik. Prosesor ini akan dapat berjalan dengan RAM dengan clock yang lebih tinggi dari 4.000MHz dan dukungan tipe RAM yang lebih baik.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari pihak AMD mengenai bocoran tersebut. Mereka juga belum mengkonfirmasi apakah prosesor tersebut akan meluncur di Computex 2019 atau Juli mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: