Rusia uji rudal berkecepatan 5 kali kecepatan suara

Para pejabat mengatakan mereka meluncurkan rudal dari daerah Orenburg (dekat Kazakstan barat) dan mengenai sasaran ribuan kilometer jauhnya.

Rusia uji rudal berkecepatan 5 kali kecepatan suara Source: Pexels

Rusia tengah mengembangkan sistem rudal hipersonik mutakhir. Dilansir dari Engadget (27/12), Kementrian Pertahanan negara tersebut telah berhasil menguji Avangard, yang memadukan ICBM dengan pesawat luncur (glider) yang bergerak hingga kecepatan 5 Mach (6174 km/jam).

Para pejabat mengatakan mereka meluncurkan rudal dari daerah Orenburg (dekat Kazakstan barat) dan mengenai sasaran ribuan kilometer jauhnya di rentang uji Kamchatka. Tentu saja pengujian tersebut dilakukan atas perintah Presiden Putin.


BACA JUGA

Ilmuwan berhasil temukan molekul paling awal di alam semesta

NASA temui planet seukuran Bumi

Teknologi suara ultrasonik bisa ubah pikiran hewan


Glider ini diklaim mampu melewati semua sistem pertahanan rudal yang dikenal. Pengujian diharapkan dapat membantu Avangard memasuki pasar industri pertahanan sekitar tahun 2019 melalui Pasukan Rudal Strategis.

Sebelumnya disebutkan, glider memiliki kecepatan 5 Mach. Mach sendiri adalah satuan kecepatan yang umum untuk mengekspresikan kecepatan suatu pesawat terbang relatif terhadap kecepatan suara. Kecepatan suara sendiri adalah 1.234 km/jam, atau bisa disebut dengan 1 Mach .

Jadi dengan kecepatan 5 Mach, glider rudal terbaru milik Russia memiliki kecepatan 5 kali lipat dibandingkan dengan suara. Oleh karena itu seumpama ada pesawat yang melebihi kecepatan suara, kita akan melihat pesawatnya terlebih dahulu setelah itu akan disusul oleh deruan suara mesinnya.

Mach berasal dari nama seorang ahli fisika asal Austria, Ernst Mach, yang telah menerbitkan karya ilmiah penting tentang beragam prinsip dasar supersonik. Dirinya mengusulkan sebuah bilangan untuk menyatakan perbandingan kecepatan suatu benda terhadap kecepatan suara.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: