Rusia uji coba putuskan koneksi internet di seluruh kota

Perusahaan telekomunikasi Rusia juga harus memasang sarana teknis untuk mengubah semua rute lalu lintas internet Rusia ke titik yang disetujui.

Rusia uji coba putuskan koneksi internet di seluruh kota (Foto: Mimeo)

Otoritas Rusia dan penyedia layanan internet utama, berencana memutuskan internet di seluruh negerinya. Ini merupakan bagian dari uji coba yang telah direncanakan oleh pemerintah setempat. Sebagaimana dilaporkan kantor berita Rusia, RosBiznesKonsalting (RBK).

Tujuan percobaan itu adalah untuk mengumpulkan wawasan dan memberikan tanggapan terhadap Undang-Undang yang diusulkan dan diperkenalkan Parlemen Rusia pada Desember 2018. Draf pertama Undang-Undang itu mengamanatkan penyedia internet Rusia harus memastikan independensi ruang internet Rusia (Runet), dalam kaitannya dengan agregasi asing.


BACA JUGA

Roam Unlimited Haji, paket haji besutan Indosat Ooredoo

Optic Marine resmikan kapal spesialis servis jaringan bawah laut

5G di AS bakal bebas dari Cina


Selain itu, perusahaan telekomunikasi Rusia juga harus menginstal sarana teknis untuk mengubah semua rute lalu lintas internet Rusia ke titik pertukaran yang disetujui atau dikelola oleh regulator telekomunikasi Rusia, Roskomnazor. 

Dilansir Zdnet (11/2), Roskomnazor akan memeriksa lalu lintas guna memblokir konten terlarang dan memastikan lalu lintas antara pengguna Rusia agar tetap berada di jalur dalam negeri. Roskomnazor juga memastikan pengguna internet Rusia tidak dialihkan kembali melalui server luar negeri.

Tanggal uji coba tanpa internet di Rusia memang belum ditentukan. Namun uji coba harus dilakukan sebelum 1 April mendatang, mengacu pada batas waktu pengajuan amandemen hukum. Pengujian ini juga telah disepakati oleh Information Security Working Group pada akhir Januari. 

RBK melaporkan semua penyedia internet setuju dengan tujuan Undang-Undang tersebut. Namun mereka kurang sepakat dengan implementasi teknisnya yang diyakini akan menyebabkan gangguan besar pada lalu lintas internet Rusia. 

Pemerintah Rusia sebenarnya telah mengerjakan proyek ini selama bertahun-tahun. Pada 2017, para pejabat Rusia mengatakan mereka berencana mengarahkan 95% dari semua lalu lintas internet secara lokal pada 2020. Pihak terkait juga telah membangun cadangan Domain Name System (DNS) secara lokal, yang telah teruji pada 2014 dan 2018. 

Lebih lanjut pemerintah bersedia membayar tagihan dan menutup biaya penyedia internet guna memodifikasi infrastruktur mereka dan menginstal server baru, guna mengarahkan lalu lintas menuju titik yang disetujui Roskomnazor. 

Pada akhirnya Rusia berupaya menerapkan sistem penyaringan lalu lintas seperti Great Firewall yang diadopsi oleh China. Selain itu, Rusia juga bertujuan memiliki intranet di seluruh negerinya yang akan berfungsi penuh jika Negara tersebut perlu memutuskan koneksi dengan negara lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: