sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Sabtu, 02 Jan 2021 09:15 WIB

Robot ini punya sensor untuk bersihkan kolam renang

Penggerak robot tersedia dalam bentuk dua roda dayung belakang yang beroperasi secara independen satu sama lain, memungkinkan robot untuk berbelok ke kiri atau kanan.

Robot ini punya sensor untuk bersihkan kolam renang
Source: New Atlas

Bersantai sambil berenang di kolam renang memang menyenangkan, tetapi menggunakan jaring saat membersihkan daun-daun yang jatuh bisa menjadi tugas yang agak membosankan. Inilah sebabnya mengapa robot bernama Ariel dengan tenaga surya hadir. Robot ini dapat membersihkan kolam renang secara otomatis.

Dilansir dari New Atlas (2/1), Ariel diproduksi oleh perusahaan Pivot-Solar Breeze yang berbasis di Arizona. Robot ini menampilkan sepasang panel fotovoltaik tahan air di bagian atasnya. Panel tersebut akan memberikan daya pada robot pada siang hari – saat matahari bersinar – sembari mengisi baterainya yang terintegrasi, sehingga memungkinkan beroperasi di malam hari selama 10 jam.

Setelah diletakkan di kolam dan diaktifkan, Ariel melanjutkan perjalanannya bolak-balik melintasi permukaan dengan kecepatan 3 hingga 6 meter per menit. Saat melakukannya, ia menggunakan roda penggerak depan untuk menarik dedaunan dan puing-puing mengambang lainnya, bersama dengan partikel yang lebih halus seperti debu dan serbuk sari. Segala sesuatu yang terkumpul berakhir di filter internal, yang selanjutnya dapat ditarik keluar untuk dibuang dan dibilas.

Penggerak robot tersedia dalam bentuk dua roda dayung belakang yang beroperasi secara independen satu sama lain, memungkinkan robot untuk berbelok ke kiri atau kanan. Sensor di dua sudut depan berfungsi untuk mendeteksi apakah ada rintangan di depannya seperti dinding kolam atau lainnya.

Sebagai perbandingan, pendahulu robot Ariel (Solar Breeze NX dan NX2) memiliki satu roda pendayung di belakang, dan berbelok menggunakan bemper roda yang menggelinding ke tepi kolam. Ariel mampu membersihkan permukaan kolam renang rumah berukuran rata-rata dalam waktu 1,5 jam. Harga robot pembersih kolam ini adalah USD468 (Rp6,6 juta).

Share
×
tekid
back to top