sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 27 Jul 2021 15:49 WIB

Robot ini bisa bawa orang ke dasar laut via komputer

Memanfaatkan portal online, pengguna yang berada di mana saja dapat mengendalikan salah satu robot dan melihat video langsung dari kamera 1080p sudut lebar di komputer mereka.

Robot ini bisa bawa orang ke dasar laut via komputer
Source: Teleportal

Bahkan di masa non-pandemi, Great Barrier Reef masih merupakan tempat yang sulit dijangkau oleh sebagian besar penduduk dunia. Di situlah Teleportal.Fish digunakan, karena memungkinkan siapa saja yang memiliki komputer untuk mengunjungi terumbu karang secara virtual melalui tautan langsung ke robot bawah air yang dikendalikan dari jarak jauh. Dibuat oleh pembuat film dokumenter Australia Adam Cropp, sistem tersebut saat ini menggabungkan dua Osibot Heavy ROV (kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh). 

Dilansir dari New Atlas (27/7), kedua ROV itu ditambatkan ke stasiun pangkalan yang berlabuh 30 km lepas pantai di Arlington Reef di Far North Qeunnsland, Australia. Stasiun itu menggunakan panel surya untuk mengisi baterai kendaraan, dan juga membuat ROV tetap terhubung ke internet melalui 4G.

Memanfaatkan portal online, pengguna yang berada di mana saja dapat mengendalikan salah satu robot dan melihat video langsung dari kamera 1080p sudut lebar di komputer mereka. Cara mengarahkannya adalah menggunakan tombol keyboard yang sama yang biasanya digunakan dalam gim, membawanya hingga 100 meter ke segala arah dari pusatnya.

Selain kamera HD, ROV ini juga dilengkapi lampu sorot LED yang berkekuatan hingga 4.000 lumens untuk penggunaan malam hari, bersama dengan sistem sensor rintangan berbasis sonar agar tidak merusak karang. Robot tersebut juga memiliki kecepatan hingga 5,6 km/jam dan memiliki latensi akses kurang dari 200 ms.

Agar dapat melakukannya, pengguna diminta untuk membuat akun dan kredit pra-pembelian yang akan ditetapkan pada penyelaman mereka. Menurut perusahaan, penyelaman 1 jam akan dikenakan biaya AU$30 hingga AU$50 (Rp320 ribu hingga Rp530 ribu). Portal ini juga menampilkan simulator animasi yang lebih terjangkau, di mana pengguna baru dapat menguasai salah satu ROV sebelum mencoba hal yang nyata di laut sebenarnya.

Share
×
tekid
back to top