sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
Jumat, 10 Sep 2021 14:03 WIB

Ricoh rilis kamera poket APS-C GR IIIx

Di belakang lensanya terdapat sensor beresolusi 24,4 MP berstabilisasi 3 arah. Sistem stabilisasi ini menggeser sensor gambar untuk menangani guncangan horizontal dan vertikal sebanyak 4 stop.

Ricoh rilis kamera poket APS-C GR IIIx

Ricoh baru saja meluncurkan kamera penerus GR III, yaitu Ricoh GR IIIx. Kamera digital ringkas ini digadang-gadang memiliki fitur mutakhir dan dilengkapi dengan lensa 40mm f/2.8 GR (setara dengan 35 mm) yang baru dikembangkan.

Perusahaan tersebut mengatakan GR IIIx dikembangkan sebagai tanggapan terhadap pengguna yang ingin melihat kamera seri GR baru yang akan memberikan “perspektif baru” atas GR III yang awalnya dirilis pada Mater 2019. Kamera tersebut menampilkan lensa 28mm (setara dengan 35mm).

Dilansir dari Petapixel (10/9), Ricoh GR IIIx dirancang untuk memberikan sudut pandang yang lebih mirip dengan penglihatan fotografer sendiri, yang menurut perusahaan telah dilakukan dengan lensa 26,1 mm f/2.8 GR pada sensor CMOS format APS-C. Sehingga menjadi 40mm pada format 35mm full-frame. Ricoh mengatakan, tergantung pada cara lensa digunakan, sudut lensa ini dapat memberikan hasil yang berbeda.

Optik yang baru dirancang tersebut dibuat dari 7 elemen dalam 5 kelompok dan menggabungkan dua elemen optik aspherical pada apa yang telah ditentukan Ricoh untuk menjadi posisi paling efektif dalam upaya mengurangi distorsi dan aberasi kromatik sembari secara efektif meminimalkan timbulnya flare dan ghosting saat memotret lampu latar.

Lensa dapat melakukan fokus sedekat 12 cm dari depan lensa dan dilengkapi dengan filter ND yang mengurangi cahaya sebanyak 2 stop. Ricoh mengatakan bahwa mekanisme aperture 9 bilahnya menciptakan efek bokeh alami dengan f/2.8.

Di belakang lensanya terdapat sensor beresolusi 24,4 MP berstabilisasi 3 arah. Sistem stabilisasi ini menggeser sensor gambar untuk menangani guncangan horizontal dan vertikal sebanyak 4 stop. Ini juga dilengkapi dengan Filter Simulator Ricoh AA (anti-aliasing) yang menerapkan getaran mikroskopis dengan presisi sub-piksel ke unit sensor gambar selama exposure yang menurut Ricoh memberikan tingkat pengurangan moire yang sama dengan filter AA optik.

Kamera Ricoh GR IIIx dilengkapi dengan monitor LCD berukuran 3 inci. Layar ini memiliki 1,037 juta dot yang dapat menampilkan gambar cukup mulus. Tidak ketinggalan pula konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth agar memudahkan transfer data dari kamera ke ponsel. Harga untuk kamera ini adalah 999 euro (Rp16,8 juta).

Share
×
tekid
back to top