Ribuan skuter elektrik Xiaomi ditarik karena masalah keselamatan

Unit skuter yang bermasalah bisa menyebabkan komponen vertikal putus dari bodi utama skuter ketika digunakan.

Ribuan skuter elektrik Xiaomi ditarik karena masalah keselamatan (Foto: Xiaomi)

Selain smartphone, Xiaomi juga menawarkan sejumlah produk elektronik lainnya seperti skuter yang disebut Mi Electric Scooter. Sayangnya kendaraan tersebut mengalami masalah keselamatan sehingga Xiaomi menyarankan pengguna untuk menghentikan pemakaian.

Unit skuter yang bermasalah bisa menyebabkan komponen vertikal putus dari bodi utama skuter ketika digunakan. Komponen yang bermasalah yakni sekrup pada mekanisme lipat yang bisa dilepas dari kendaraan tersebut. Dalam pernyataan resminya Xiaomi mengatakan skuter yang terpengaruh masalah itu merupakan Mi Electric Scooter (M365) yang diproduksi antara 27 Oktober - 5 Desember 2018. Totalnya mencapai 10.257 unit.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Xiaomi bakal umumkan dua smartphone 5G bulan ini

Redmi Note 8 Pro diyakini ubah persepsi soal MediaTek

Xiaomi siapkan wireless charging 30W untuk Mi 9 Pro 5G


Dari jumlah tersebut, 7406 unit berada di Inggris. Selebihnya tersebar di berbagai negara mencakup negara-negara berikut:

Mi Scooter

Dilansir Gizmochina (8/7), angka-angka tersebut tak sepenuhnya akurat karena kemungkinan beberapa unit sudah diimpor dari satu daerah ke daerah lainnya. Nomor seri yang terpengaruh diantaranya 21074/00000316 - 21074/00015107 dan 16133/00541209 - 16133/00544518. Nomor ini bisa ditemukan di sisi kiri skuter. Pengguna bisa memasukkan nomor seri skuter mereka di halaman ini.

Setelah skuter Anda dinyatakan terdampak, Anda akan diminta memasukkan alamat email dan Xiaomi akan mengirimkan surat dalam waktu 72 jam. Pengguna yang terdampak tak perlu mengeluarkan biaya perbaikan. Xiaomi sendiri telah melakukan penarikan skuter yang bermasalah pada 26 Juni di Inggris dan 1 Juli di negara lainnya.

Xiaomi menyarankan pengguna untuk segera berhenti menggunakan Mi Electric Scooter, setidaknya untuk saat ini hingga mereka yakin unit mereka tak terdampak masalah serupa. Pengguna juga disarankan untuk tidak mencoba memperbaiki skuter mereka sendiri saat mereka melihat sekruup terlepas. Sayangnya skuter yang sudah dimodifikasi tak bisa mengikuti program perbaikan ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: