sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
Kamis, 23 Apr 2020 19:00 WIB

Review Reno3 Pro, cocok buat gim kompetitif

Terlepas dari kemampuan kameranya yang keren, Oppo Reno3 Pro terbukti andal dipakai bermain gim kompetitif.

Review Reno3 Pro, cocok buat gim kompetitif

“Jangan kasih kendor”, istilah yang sering kami dengar di kantor untuk terus semangat menyelesaikan tugas-tugas yang tak kunjung berkurang. Oppo rasanya juga menggunakan semangat yang sama. Pasalnya, meski kita tengah menghadapi pandemi yang belum kunjung selesai, perusahaan asal Dongguan ini masih terus meluncurkan produk baru, salah satunya adalah Reno3 Pro melalui acara peluncuran online Connect Clearly.

Jika kemarin kami sudah mereview varian Reno3 yang merupakan penerus dari Reno2 F, kali ini kami akan kembali mengulas seri Reno3 Pro yang dirancang untuk menjadi penerus dari Reno2. Secara desain, Reno3 Pro memang membawa beberapa ubahan pada desainnya. Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?

Sebelum mengulas lebih jauh apa saja hal baru yang ditawarkan Oppo dari versi Pro ini, ini adalah tabel spesifikasi dari Oppo Reno3 Pro.

Oppo Reno3 Pro
SoC Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
RAM 8GB
Layar
  • Ukuran 16.3cm (6.4'')
  • Multi-touch, Capacitive Screen
  • 2400 by 1080 pixels
  • 16 million colors
  • Screen Ratio 91.5%
Ukuran 158.8 x 73.4 x 8.1 mm, Bobot 175 g
Baterai

Li-Po 4025 mAh, Fast charging 30W

Kamera Belakang
  • 64MP main camera 1/1.72'
  • 13MP telephoto lens 1/3.4', 1.0um
  • 8MP wide-angle lens 1/4',1.12um
  • 2MP mono lens 1/5',1.75um
Kamera Depan 44MP F2.4 + 2MP F2.4
Storage 256GB
OS ColorOS7
Harga Rp 8.999.000

Desain

Dari desainnya, Oppo Reno3 Pro masih menggunakan DNA desain yang sama seperti varian Reno3 yang meluncur lebih dulu bulan lalu. Tetapi, tentu saja ada perbedaan yang disiapkan untuk membedakan varian Pro yang baru dirilis ini.

Paling mudah terlihat adalah hadirnya lubang pada layarnya. Ya, lubang ini yang disebut Punch Hole untuk menempatkan dua buah kamera selfie. Konon, desain Punch Hole ini memberikan efek mewah jika dibandingkan dengan desain notch waterdrop yang dipakai Reno3. Desain Punch Hole juga banyak dipakai oleh smartphone berkelas premium dan flagship.

Oppo Reno3 Pro dengan Dual Punch Hole Camera

Ukuran Reno3 Pro terbilang hampir sama dengan Reno3. Perbedaannya hanya beberapa inci saja. Rasanya perbedaan ini tidak akan terlalu tampak di mata, begitu juga di genggaman. Meski begitu, dari spesifikasi resminya, Reno3 Pro sedikit lebih pendek dan lebih tebal dibanding Reno3.

Bentang layarnya juga masih sama, yakni 6,4 inci. Resolusi yang dimilikinya pun serupa 2400 x 1080 piksel. Namun, teknologi panel yang dibawa Reno3 Pro lebih bergengsi. Reno3 Pro menggunakan panel Super AMOLED.

Oppo Reno3 Pro menggunakan layar Super AMOLED

Jika kalian belum tahu apa perbedaan paling mendasar dari kedua panel tersebut, panel Super AMOLED tentu memiliki keunggulan yang tak dimiliki panel AMOLED biasa.

Panel Super AMOLED merupakan versi baru dari Panel AMOLED biasa. Panel ini sudah terintegrasi dengan sensor sentuh pada layarnya. Hal ini memberikan respons yang lebih baik. Selain itu, panel Super AMOLED juga lebih hemat dalam konsumsi daya. Panel ini memiliki keunggulan lain seperti mengurangi refleksi cahaya dan memiliki tampilan warna yang lebih baik.

Untuk membuktikannya, kami mencoba menggunakannya di luar ruangan. Di bawah paparan sinar matahari, ikon-ikon dan konten pada layar Oppo Reno3 Pro masih bisa terihat jelas.

Oppo Reno3 Pro hadir dalam dua pilihan warna. Kebetulan, perangkat yang kami terima ini berwarna Sky White. Ada corak garis-garis dan efek layaknya permukaan kerang ketika terpapar cahaya. Tampilan ini membuat back cover Reno3 Pro terlihat elegan.

Versi Pro Reno3 ini juga memiliki total empat kamera utama. Tetapi tampaknya spesifikasinya akan berbeda, melihat dari perbedaan ukuran kameranya. Housingnya sendiri masih cukup menonjol, namun cukup pakaikan soft case.

Tombol daya masih di sisi kanan, tombol pengaturan volume ada di sisi kiri, bersebelahan dengan SIM tray yang mampu menampung dua buah kartu Nano SIM serta SD Card untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Berdasarkan desain, tak ada yang berubah di sisi bawah. Port audio jack 3,5mm, lubang mikrofon, port pengisian cepat 30W berjenis USB type-C, serta speaker eksternal.

Back cover Oppo Reno3 Pro dengan efek kulit kerang

Antarmuka dan fitur pintar

Oppo Reno3 Pro menjalankan ColorOS 7 yang berbasis Android 10. Sama seperti yang dijalankan Opo Reno3. Tampilan Home Screen-nya sederhana, tanpa laci aplikasi dan mudah dimengerti. Cukup geser kanan kiri saja untuk menemukan seluruh aplikasi yang terinstal.

Namun, ColorOS 7 dirancang untuk memenuhi berbagai rentang usia penggunanya. Karenanya, ColorOS 7 menawarkan tampilan menu antarmuka yang bisa di ubah. Mode awal atau default atau Standard Mode adalah tampilan yang kalian dapatkan ketika menghidupkan perangkat ini pertama kali.

Ada juga Drawer Mode untuk pengguna yang suka dengan tampilan Home Screen yang bersih dan minimalis. Simple Mode akan menampilkan ikon lebih besar untuk memudahkan pengguna tua, yang memudahkan dalam mengakses ikon dan menu pada smartphone.

Pilihan menu antarmuka ColorOS 7

Selain antarmuka yang mudah digunakan untuk berbagai rentang usia pengguna, Oppo juga menyiapkan fitur-fitur pintar meliputi Smart Assistant, Smart Sidebar, Smart Driving dan Gaming Assistant.

Fitur pintar pada perangkat Oppo ini dirancang untuk memudahkan segala bentuk kegiatan harian pengguna. Mulai dari informasi cuaca, kalender, jadwal rapat, penghitung langkah, atau kontak yang paling sering dihubungi yang bisa ditemukan pada satu halaman. Untuk mengaksesnya kalian hanya perlu menggeser layar utama kearah kanan.

Smart Feature pada perangkat Oppo

Oppo juga memiliki fitur Dark Mode yang bisa membuat tampilan antarmuka ColorOS 7 didominasi oleh warna gelap. Namun, tak hanya tampilan antarmukanya saja disulap gelap, Oppo juga bisa menyulap beberapa aplikasi untuk menampilkan konten dalam mode Dark Mode.

    Editor
    Share
    back to top