sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Senin, 16 Agst 2021 13:05 WIB

OPPO A16, entry-level yang mulai unjuk gigi

Smartphone entry kini mendapat polesan yang cukup serius, untuk memberikan pengalaman pakai serta tampilan yang kian mewah.

OPPO A16, entry-level yang mulai unjuk gigi

Smartphone entry kita ketahui sebagai smartphone yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Ada beberapa alasan mengapa smartphone entry bisa dijual pada rentang harga yang cukup murah. Salah satu alasannya adalah smartphone entry biasanya tidak dibekali dengan spesifikasi yang tinggi. Smartphone entry juga hadir dengan desain yang biasa saja dan cenderung tebal.

Namun kini, smartphone entry mulai pelan-pelan mengadopsi beberapa fitur dari segmen di atasnya. Seperti OPPO A16 yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu, seri entry milik OPPO ini membawa beberapa fitur menarik untuk pengguna.

Desain cantik untuk seri entry

OPPO A16 jadi salah satu seri entry yang hadir dengan desain kekinian. Secara visual A16 tidak tampak seperti seri entry. Desainnya dirancang apik dengan finishing yang membuatnya terlihat mewah.

Dari tampilan depan memang tidak banyak yang spesial. Seri ini mengusung layar berpanel LCD dengan luas 6,5 inci. Layarnya memiliki rasio ke bodi sebesar 88.7%, di mana sisi kanan kiri layar tampak cukup tipis, sementara di sisi bawah masih terlihat area yang cukup lebar.

Kamera depan untuk kebutuhan selfienya masih menggunakan desain notch. Di atasnya terdapat grill speaker yang cukup panjang.

Karena belum mendukung in-display fingerprint, seri A16 ini menanamkan akses pemindai sidik jari (fingerprint scanner) ke sisi kanan bodi, tepatnya pada tombol power. Hal ini diklaim akan memudahkan proses membuka kunci layar karena mudah dijangkau oleh ibu jari dan sesuai dengan gaya genggam. Sementara tombol volume masih ada di sisi kiri.

Tampilan cantik kembali terlihat dari sisi belakang yang mulai mengikuti pewarnaan dari beberapa seri mid-rangenya. Hal ini terlihat dari pewarnaan gradasi halus pada bagian back covernya. Varian yang sedang saya pegang ini berwarna Space Silver. Jika dilihat dari sudut yang berbeda, akan tampak aksen kilauan yang menarik.

Suksesor A15 ini masih dibekali konfigurasi 3 kamera utama, namun A16 menampilkan housing yang didesain memanjang. Ketiga kamera utama ini juga dilengkapi dengan LED flash untuk dukungan pencahayaan.

Masih seputar back cover. OPPO mendesain tepian bodi A16 melengkung atau 3D, selain menampilkan visual yang ramping, tepian yang melengkung seperti ini memberikan kenyamanan saat digenggam, sehingga smartphone tidak terkesan tebal di tangan.

Spesifikasi dan performanya

Perangkat yang dibanderol Rp1,9 jutaan ini dibekali dengan prosesor octa-core milik MediaTek berseri Helio G35. Dukungan RAM-nya sebesar 3 GB LPDDR4x dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB. Anda memiliki opsi untuk menambahkan kpasitas penyimpanan dengan menggunakan microSD. Berikut spesifikasi lengkap OPPO A16:

OPPO A16
SoC MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Layar
  • 6.52" HD + LCD screen
  • 1600 x 720 pixels
  • 60HZ Refresh Rate
  • 269 PPI
  • 88.7% Screen to Body Ratio
Ukuran 163,8 x 75,6 x 8,4 mm; Bobot 190 g
Baterai

5000 mAh, 10W

Kamera Belakang
  • 13MP Main Camera F/2.2

  • 2MP Depth (Bokeh) Camera F/2.4

  • 2MP Macro Camera F/2.4

Kamera Depan 8 MP F/2.0
Storage 32 GB (Ekspansi dengan MicroSD hingga 256GB) 
OS

ColorOS 11.1 berbasis Android 11

Harga Rp 1,999,000

Selama penggunaan sehari-hari, OPPO A15 tergolong lancar. Seperti menjalankan aplikasi perpesanan, membuka aplikasi berita, melihat video TikTok, menjelajah aplikasi social media, hingga streaming video di beberapa aplikasi streaming.

Perangkat ini juga tergolong andal dipakai seharian berkat kapasitas baterainya yang besar, yakni 5000 mAh. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pengguna agar tidak sering-sering mengisi daya. Setidaknya dari pagi sampai sore Anda dapat melakukan bermacam aktivitas menggunakan perangkat ini.

Hal yang cukup menarik dari seri entry milik OPPO ini adalah dukungan fitur gim yakni Game Space. Fitur yang bisa memberikan pengalaman optimal saat bermain gim ini merupakan fitur andalan smartphone OPPO. Namun, cukup mengejutkan seri entry juga mendapatkan dukungan fitur ini. Apakah lantas pengalaman bermain gimnya cukup baik?

Dari beberapa kali memainkan gim kasual bergenre Moba seperti AOV, pengalaman bermainnya saya rasakan cukup baik. Gameplaynya terasa mulus dan lancar. Saya tidak merasakan kendala yang mengganggu kala bermain gim.

Berikut footage sesi bermain gim yang sempat saya rekam:

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @tekidreview

Ada beberapa catatan menarik untuk Anda. Di balik pengalaman bermain yang cukup baik di OPPO A16, awalnya saya tidak mengubah pengaturan apa pun pada Game Space. Mode masih dalam posisi Balance (default), Network acceleration juga belum diaktifkan. Ini menunjukkan, dalam status default baru keluar dari kotak, A16 sudah bisa diajak memainkan gim-gim popular dengan nyaman. Mungkin karena penggunaan prosesor MediaTek seri G yang memang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja smartphone saat menjalankan aplikasi gim. 

Kamera dengan dukungan AI

Zaman sudah serba AI. Tak ayal smartphone entry pun kecipratan teknologi yang mengubah wajah dunia fotografi mobile ini. Mengusung konfigurasi 3 kamera utama dan 1 kamera muka, OPPO mengklaim kamera A16 sudah ditenagai oleh AI.

Dukungan AI pada OPPO A16 disebut AI Beautification. Fitur ini menggunakan AI cerdas yang secara alami meningkatkan warna kulit, sekaligus mempertahankan detail terbaik dari wajah pengguna. Fitur ini disiapkan pada kamera utama maupun kamera depan. Hal ini membuat tampilan wajah subjek pada hasil foto dari kamera belakang dan kamera depan tampak lebih natural dan bagus.

Seri ini juga dibekali dengan mode Night. Itu artinya Anda bisa berkreasi mengambil foto pada malam hari atau kondisi cahaya yang sangat minim. Meski tidak menghilangkan noise secara keseluruhan, fitur ini tetap menawarkan kualitas fotografi malam yang cukup baik.

Fitur canggih untuk level entry

Selain desain dan performa yang menarik, OPPO A15 juga dibekali dengan beberapa fitur yang disiapkan untuk memaksimalkan pengalaman pemakaian smartphone. Fitur pertama sudah langsung bisa Anda temukan pada tampilan mukanya.

Mengusung layar besar pasti ada tujuannya, seperti menampilkan konten lebih banyak. Namun, layar besar dirasa kurang lengkap tanpa dukungan teknologi yang dapat membuat pengguna tetap nyaman saat penggunaanya. 

OPPO A16 dibekali dengan teknologi Eye Care Display, teknologi ini menggunakan dukungan AI untuk secara cerdas menyesuaikan kecerahan layar. Di siang hari, fitur Sunlight Screen dapat mengatur kecerahan layar dengan tepat agar konten pada layar tetap terbaca. Sebaliknya, di kondisi temaram, fitur Moonlight Screen meredupkan layar agar tidak terlalu silau, namun konten tetap dapat ditampilkan dengan warna aslinya. 

OPPO A16 juga menjadi salah satu entry yang dibekali dengan ColorOS 11, tepatnya ColorOS 11.1. Kalian pasti sudah familiar dengan apa saja fitur yang ditawarkan oleh UI yang dikembangkan oleh OPPO ini.

Menjalankan ColorOS 11, OPPO A16 mendapat dukungan yang cukup luas di sana sini. Mulai dari tampilan yang bisa dikonfigurasi melalui menu Personalization, fitur keamanan yang bisa menjaga transaksi online Anda, sampai fitur yang mengoptimalkan pengisian di malam hari untuk menjaga performa baterai perangkat Anda agar tetap sehat dan tahan lama.

Meski sudah dibekali baterai dengan kapasitas besar, OPPO masih tetap memberikan dukungan fitur agar perangkat ini bisa bertahan lebih lama. Ya, fitur Super Power Saving juga ada di seri ini.

Fitur ini akan membuat perangkat ini dapat bertahan lebih lama dengan memilih aplikasi apa yang dapat berjalan dalam mode ini. Hal ini membuat perangkat lebih hemat daya karena tidak banyak data atau notifikasi yang bermunculan atau berjalan di belakang. 

OPPO A16 juga dibekali dengan fitur yang bisa menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Pastinya fitur ini dapat membantu Anda ketika menemukan artikel atau teks yang tidak Anda pahami. Anda bisa dengan mudah menerjemahkan teks yang ada pada layar ke bahasa yang Anda inginkan tanpa repot mengetiknya terlebih dahulu, lalu menaruhnya di aplikasi penerjemah. Secara tidak langsung fitur ini akan membantu putra putri Anda untuk mempelajari bahasa asing dengan cara yang cepat dan mudah. Caranya aktifkan Smart Sidebar atau dengan menggesernya ke arah kiri, kemudian pilih Screen translation.

Belum lagi perangkat ini juga memiliki dukungan IPX4 Waterproof. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya merendam perangkat ini di dalam air. Setidaknya, perangkat ini tahan terhadap percikan air. Jadi Anda tetap bisa beraktivitas dengan tenang.

Kesimpulan

Segmen entry memang tidak seramai segmen smartphone mid-range. Namun, segmen ini memiliki peminat yang cukup tinggi, mengingat banyak yang membutuhkan perangkat untuk mendukung proses belajar mengajar di rumah. Selain karena harga yang terjangkau, smartphone entry bisa dipakai untuk menunjang pembelajaran dari rumah.

Hadirnya OPPO A16 bisa menjadi salah satu pilihan smartphone entry yang cukup oke. Hal ini dikarenakan OPPO A16 hadir dengan layar 6,5 inci plus dukungan teknologi yang membuat mata tidak cepat lelah.

OPPO A16 juga memilki performa yang cukup baik untuk menunjang aktivitas harian siswa dan siswi. Tampilannya yang semakin menarik juga bisa menjadi poin yang akan disukai oleh pengguna yang mencari perangkat dengan tampilan yang stylish.

Beberapa fitur menarik lain seperti dukungan AI pada kamera, pengalaman lancar saat bermain gim, hingga fitur keamanan pada baterai yang ditawarkan perangkat ini bisa menjadi keunggulan yang mungkin tidak ditawarkan oleh smartphone competitor.

Perangkat yang dijual pada harga Rp1,999 juta ini sudah bisa didapatkan pada beberapa ecommerce popular atau toko resmi OPPO Indonesia. OPPO juga menawarkan pembelian dari rumah, sebagai bentuk dukungan OPPO menekan angka peningkatan pandemi.

80
OPPO A16
 
Keunggulan
  • Desain cantik
  • Performa baik
  • Fitur cukup lengkap
 
Kekurangan
  • Bobot 190 gram
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top