Resume Steve Jobs akhirnya terjual Rp2,4 miliar

Dokumen tersebut menurut RR Auction laku seharga USD174.757 atau sekitar Rp2,4 miliar

Resume Steve Jobs akhirnya terjual Rp2,4 miliar

Berkas lamaran pekerjaan Steve Jobs pada tahun 1973 akhirnya terjual. Dokumen tersebut menurut RR Auction laku seharga USD174.757 atau sekitar Rp2,4 miliar. 

Berkas yang mencantumkan tulisan serta tanda tangan Jobs itu terbilang menarik. Pasalnya, dokumen tersebut menunjukkan minat Jobs pada saat itu serta rincian kepribadian Jobs lainnya.

Pendiri Apple itu menuliskan rincian alamat rumah hingga minat dirinya terkait teknologi. Jobs mengisi formulir lamaran pekerjaan tersebut setelah dirinya lulus dari Reed College pada 1972. Selama 1,5 tahun Jobs diketahui mengikuti kursus kaligrafi, tari, dan Shakespeare.

Harga penjualan lamaran pekerjaan Jobs terbilang mengejutkan, karena melebihi ekspektasi. Pada Desember, Bonhams memperkirakan dokumen Jobs akan dilelang seharga USD18.750. Harga tersebut lantas naik dengan perkiraan RR Auction seharga USD50.000. Namun siapa sangka, dokumen Jobs itu terjual bahkan hingga tiga kali lipat dari perkiraan. 

Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif RR Auction mengatakan bahwa yang mengajukan penawaran mencakup pengusaha dan pemilik perusahaan internet yang mengagumi Steve Jobs dan Apple.

"Dokumen bagi mereka beresonansi secara emosional tentang siapa Stve Jobs. Disini dia bukanah apa-apa, dan kini ia merupakan salah satu orang terpenting di abad ke-20," kata Livingston.

Sejauh ini, lamaran pekerjaan itu menjadi benda peninggalan Jobs yang terlaris melalui rumah lelang Livingston. Ia mengatakan bahwa dirinya turut emosional karena tahu bahwa lamaran pekerjaan berisi tulisan tangan merupakan sesuatu yang akan hilang di era digital.

"Ada ciri kepribadian dalam tulisan tangannya," ujar Livingston.

Proses lelang sendiri telah berlangsung dari 8-15 Maret, termasuk lelang barang-barang Apple seperti panduan teknis Mac OS X yang ditandatangani oleh Jobs pada 2001, terjual seharga USD41.806. Ada juga surat kabar yang ditandatangani Jobs tahun 2008 yang dijual seharga USD26.950.

Ini memang bukan kali pertama peninggalan Jobs diminati banyak orang. Sebelumnya, sebuah majalah yang ditandatangani Jobs juga laku lebih dari USD50.000. Demikian dilansir Cnet (17/3).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: