sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Jumat, 07 Mei 2021 13:51 WIB

Rekomendasi smartwatch dengan GPS dan daya tahan lama

Di sini akan membahas beberapa rekomendasi smartwatch berkemampuan GPS dengan daya tahan baterai panjang.

Rekomendasi smartwatch dengan GPS dan daya tahan lama
Photo by Artem Podrez from Pexels

Bisa dikatakan jam tangan pintar (smartwatch) adalah jam tangan terkomputerisasi yang memiliki fungsi lebih dari sekadar menunjukkan waktu. Tentu saja smartwatch saat ini bukan hanya sebagai layar sekunder dari ponsel terhubung untuk melihat notifikasi. Sekarang smartwatch sudah dapat digunakan untuk lebih banyak penggunaan, bahkan ketika tidak terhubung dengan ponsel.

Pada smartwatch yang dilengkapi dengan GPS, ia mampu melacak jalur olahraga outdoor seperti berlari, berjalan, bersepeda, dan lainnya. Satu kekurangan smartwatch adalah daya tahan baterainya. Terdapat beberapa perangkat yang menawarkan daya tahan hanya sekitar sehari. Untuk itu, Tek.id akan merangkum rekomendasi smartwatch berkemampuan GPS dengan daya tahan baterai yang panjang.

1. Xiaomi Mi Watch

Xiaomi adalah salah satu perusahaan yang serius untuk menghadirkan produk untuk penunjang gaya hidup. Selain ponsel, tentu saja mereka memproduksi smartwatch. Produk terbaru yang mereka hadirkan ke pasar Indonesia adalah Mi Watch. Smartwatch ini hadir dengan beragam fitur seperti GPS, pemantau tidur, sensor detak jantung, pendeteksi kadar oksigen darah (SpO2), barometer, dan sebagainya.

Layar Mi Watch menggunakan panel AMOLED yang terkenal memberikan warna cerah dengan kontras sangat tinggi. Layar yang berukuran 1,39 inci ini dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 3. Resolusi layar ini adalah 454 x 454 piksel yang termasuk tinggi untuk ukuran smartwatch. Resolusi ini memungkinkan konten pada layar dengan font kecil menjadi cukup jelas.

Baterai Mi Watch memiliki kapasitas 420 mAh. Dengan kapasitas baterai ini Xaiomi mengklaim smartwatch mereka mampu bertahan hingga 16 hari dalam 1 kali isi ulang. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan ketangguhan smartwatch ini karena memiliki ketahanan air hingga 50 meter. Untuk harga, Xiaomi Mi Watch dibanderol Rp1.599.000.

 

2. Huawei Watch Fit Elegant Edition

Smartwatch dari Huawei ini memiliki fitur yang menampilkan animasi gerakan olahraga. Disebut sebagai Smart Companion Animation, kamu dapat melihat gerakan olahraga yang benar. Uniknya lagi, animasi ini dapat diajak tanding lari ketika pengguna mengaktifkan mode berlari.

Huawei tampaknya cukup serius untuk memberikan sejumlah fitur menarik di perangkat ini. Setidaknya Huawei Watch Fit Elegant Edition sudah dibekali dengan GPS dan Glonass internal, pemantau SpO2 (kadar oksigen dalam darah) hingga sensor detak jantung selama 24 jam.

Bicara tentang ketahanan, Watch Fit Elegant Edition hadir dengan daya tahan 10 hari pemakaian. Pengguna juga bisa mengisi daya dengan teknologi fast charging selama 5 menit untuk 1 hari penuh pemakaian. Harga untuk Watch Fit Elegant Edition adalah Rp1.699.000.

 

3. Realme Watch S Pro

Smartwatch ini ditenagai prosesor ganda bawaan untuk mendukung kinerja yang lebih kuat. Meski memiliki lebih dari satu prosesor, tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterainya. Prosesor tersebut diklaim hemat daya, ditambah kapasitas 430mAh yang dapat bertahan selama 14 hari masa pakai.

Layar yang digunakannya adalah panel berbasis AMOLED seluas 1,39 inci dengan resolusi 454 x 454 piksel. Selain itu, layar juga semakin enak dipandang dengan hadirnya auto-brigthness, di mana tampilan layar mampu memberikan visibilitas yang baik di segala kondisi, baik terang maupun gelap.

Sistem navigasi yang ada di dalam Realme Watch S Pro adalah GPS dan GLONASS. Fitur ini dapat melacak dan membagikan aktivitas olahraga luar ruangan seperti lari, jogging, bersepeda, dan berjalan ke teman dan kerabat. Dengan dua teknologi tersebut, tingkat akurasi lokasi menjadi lebih presisi dengan tinggi 2,5 meter. Harga untuk Realme Watch S Pro adalah Rp1.899.000.

 

4. Suunto 9 Baro

Smartwatch ini dilengkapi dengan GPS untuk memantau beragam kegiatan latihan. Sesuai namanya, perangkat wearable ini hadir dengan barometer untuk mengukur tekanan udara. Data yang diperoleh dari tekanan tersebut disimpan dan kemudian tampil dalam grafik, ini dapat digunakan untuk memperkirakan cuaca yang lebih akurat ketimbang prakiraan dari internet.

Selain itu, angka yang didapat dari barometer dapat dikonversi menjadi ketinggian suatu lokasi, artinya Suunto 9 Baro hadir pula dengan fitur altimeter. Agar ketinggian yang ditampilkan oleh altimeter lebih akurat, tersedia pula teknologi bernama FusedAlti yang memadukan elevasi yang diperoleh dari GPS.

Tersedia pula kompas digital untuk kemudahan melakukan olahraga luar ruangan dan termometer digital. Teknologi layar yang digunakannya adalah LCD yang berbasis penerangan LED, dengan resolusi 320 x 300 piksel. Tidak ketinggalan pula lapisan safir kristal demi tampilan yang lebih jelas. Untuk baterai, Suunto 9 Baro mampu bertahan hingga 14 hari. Harga untuk smartwatch ini adalah Rp7.399.999.

 

5. Garmin Enduro

Garmin Enduro merupakan smartwatch dengan daya tahan baterai terpanjang di sini, karena menawarkan durasi hingga 65 hari. Ketahahan yang sangat panjang ini berkat Power Managemen yang dapat disesuaikan, serta kaca pengisian daya tenaga surya bernama Power Glass.

Smartwatch ini memiliki teknologi layar transflective memori-in-pixel (MIP) yang sangat unggul ketika digunakan di luar ruangan, dengan resolusi 280 x 280 piksel. Bobot smartwatch ini cukup ringan karena hanya 72 gram untuk varian stainless steel dan 58 gram untuk model titanium.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi fitur UltraRun yang berfungsi untuk mengatur waktu istirahat dan mencatat waktu yang dihabiskan pada mode Aid Station, serta fitur Recovery Advisor untuk mengindikasi waktu pemulihan di antara sesi latihan. Untuk harga, Garmin Enduro dibanderol Rp11.999.000.

Share
×
tekid
back to top