sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Selasa, 04 Mei 2021 14:43 WIB

Rekomendasi Smart TV mulai Rp2 jutaan

Ada banyak pilihan smart TV di pasar, dan beragam pula fitur yang dimilikinya. Berikut adalah panduan untuk memilih smart TV dengan harga yang cukup terjangkau.

Rekomendasi Smart TV mulai Rp2 jutaan
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Pada bulan suci Ramadan seperti saat ini, banyak orang yang ingin menghabiskan waktu di rumah dengan menonton TV. Terlebih lagi, banyak acara yang berkualitas di bulan ini. Selain itu, smart TV juga mampu menampilkan konten selain yang ditawarkan oleh stasiun TV seperti Netflix, Disney+ Hotstar, dan sebagainya.

Ada banyak tawaran smart TV di pasar, dan beragam pula fitur yang dimilikinya. Berikut adalah panduan untuk memilih smart TV dengan harga yang cukup terjangkau serta dilengkapi spesifikasi mumpuni.

1. Sharp Aquos Android TV

Smart TV mutakhir ini memungkinkan kamu bermain gim berkualitas seperti Dirt 4 dan masih banyak lagi secara langsung di TV tanpa menggunakan konsol (seperti PS4 atau Xbox One) maupun PC. Ini dapat dilakukan berkat platform GameQoo sehingga perangkat tersebut mampu menjalankan gim cloud.

Dengan platform ini, pengguna dapat memainkan berbagai gim berkualitas dan berlisensi resmi dari berbagai publisher ternama dunia di Smart TV Android Sharp secara optimal tanpa adanya perangkat bantu berupa konsol. Didukung dengan kualitas tampilan gambar yang tajam dan kaya warna dari Smart TV Android Sharp, bermain gim menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Aplikasi GameQoo secara eksklusif hanya akan dapat diunduh pada Smart TV Android Sharp melalui Play Store dan menjadi satu-satunya layanan cloud gaming yang terintegrasi pada sebuah TV di Indonesia. Sharp juga akan memberikan voucher berlangganan GameQoo gratis selama 3 bulan untuk smart TV mereka berukuran 42 inci ke atas. Harga smart TV Sharp dimulai Rp4 jutaan.

 

2. Mi TV 4 Bezel-less

Smart TV dari Xiaomi ini memiliki aneka ragam ukuran: 32 inci, 43 inci, dan 55 inci. Sesuai namanya, desain TV ini menampilkan bezel yang sangat kecil. Untuk Mi TV 4 Bezel-less 55 inci akan hadir dengan layar beresolusi 4K dan telah mendukung HDR10+.

Xiaomi membekali TV tersebut dengan panel layar berteknologi Quantum Dot LED yang menjanjikan warna lebih akurat, lebih cerah, memiliki kontras tinggi berkat dukungan Dolby Vision. Ada juga 6 buah speaker dengan output 15W yang dilengkapi fitur Dolby Audio.

Selain itu, ada juga fitur Mi Quick Wake yang bisa menghidupkan TV hingga siap ditonton dalam waktu 5-8 detik saja, lebih cepat dari TV biasa yang membutuhkan waktu 30 detik. Mi TV 4 Bezel-less menggunakan prosesor quad-core MTK 9611. Selain dapat mengakomodir gambar dengan baik, prosesor ini juga dapat menjalankan gim dan beberapa aplikasi lainnya. Harga untuk TV dari Xiaomi ini dimulai dari Rp2,5 juta.

 

3. realme Smart TV

Selain menawarkan ponsel, perusahaan asal Tiongkok ini juga memproduksi smart TV untuk pasar Indonesia. Ada dua seri dari TV ini, yakni realme Smart TV 32 dan realme Smart TV 43. Sesuai nama yang dipegangnya, masing-masing TV tersebut memiliki ukuran layar 32 inci dan 43 inci.

Bukan hanya ukuran, perbedaan antara kedua TV tersebut ada di resolusinya. Realme Smart TV 32 inci mengusung resolusi HD atau 1.366 x 768 piksel dan realme Smart TV 43 memiliki resolusi Full HD atau 1.920 x 1080 piksel.

Dengan jangkauan visual sebesar 178°, layar TV juga dapat dilihat dengan jelas dari setiap sudut dan menjadikannya cocok sebagai perangkat hiburan bersama keluarga. Realme Smart TV juga mendukung 24W Quad Stereo Speakers, dengan dua set speaker terletak di bagian bawah TV.

Karena termasuk ke dalam jenis Smart TV, maka tentu saja keduanya dibekali sistem operasi untuk mengakses konten dan aplikasi di dalamnya. Realme Smart TV berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk menjelajah internet dan sebagainya. Harga untuk TV ini dalah Rp2.099.000 untuk model 32 inci dan Rp3.299.000 untuk ukuran 43 inci.

 

4. TCL A20

TCL merupakan salah satu pemain lama dalam industri TV. Produk terbaru mereka adalah TCL A20, yang diklaim mampu menghadirkan tontonan berkualitas dengan performa gambar dan audio. Terdapat 3 ukuran untuk smart TV TCL seri A20: 43 inci, 50 inci, dan 55 inci.

Dengan sistem operasi Android TV terbaru, yakni Android 11, menjadikan pengoperasian A20 lebih mulus dan memiliki respons yang lebih tanggap. Selain itu, Chromecast memungkinkan screen mirroring yang mudah, langsung dari perangkat pengguna seperti ponsel.

Fitur Hands-Free Voice Control 2.0 pada TCL A20 memudahkan pengguna berinteraksi dengan smart TV. Ini dapat dilakukan berkat mikrofon internal sehingga pengguna dapat mengubah siaran, menyetel pengingat, dan menjelajahi layanan streaming melalui suara.

Dengan Wi-Fi dual-band, memungkinkan streaming film lebih cepat dan stabil serta mendukung resolusi tinggi. Prosesor yang ada di dalamnya adalah AiPQ Engine Chipset, sehingga digadang-gadang mampu mengoptimalkan gambar menurut konten. Harga TCL seri A20 dimulai dari Rp5 jutaan.

 

5. Coocaa S6G Pro

Tersedia dalam 3 ukuran (50 inci, 55 inci, dan 65 inci), S6G Pro diklaim menggunakan teknologi terbaru dan mengusung pilihan tak terbatas saat menghadirkan kesenangan lebih dari sekadar menonton bagi seluruh keluarga. Smart TV ini dilengkapi dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB.

Dari sisi suara, ada dukungan Dolby Audio dan DTS Studio Sound sehingga menjanjikan kualitas audio imersif ketika digunakan untuk berbagai macam keperluan menonton. Dengan prosesor Chameleon Extreme 2.0, kualitas gambar menjadi tetap tajam dan nyata, memiliki performa keseluruhan hingga 38,3 persen lebih baik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Sistem operasi yang ada di S6G Pro adalah Android 10. Ia hadir pula dengan keyboard multi bahasa dan kesesuaian dengan berbagai format multimedia. Dengan hadirnya Google Assistant, maka pengguna memiliki otoritas untuk menjadikan TV sebagai pusat ekosistem terpadu dalam rumah pintar. Harga Coocaa seri S6G Pro dimulai dari Rp5 jutaan.

Share
×
tekid
back to top