RealmeOS diprediksi meluncur akhir tahun

Kabar terbaru soal sistem operasi itu menyebutkan Realme akan mengumumkan OS barunya di akhir tahun ini.

RealmeOS diprediksi meluncur akhir tahun (Foto: Notebookcheck)

Januari tahun ini Realme dilaporkan telah mengajukan merek dagang untuk RealmeOS. Hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan mengembangkan sistem operasinya sendiri yang akan memberi daya pada ponsel buatannya, alih-alih menggunakan ColorOS yang dipakai saat ini.

Kabar terbaru soal sistem operasi itu menyebutkan Realme akan mengumumkan OS barunya di akhir tahun ini. Detail tentang fitur-fitur yang akan dibawa RealmeOS belum terungkap sepenuhnya. Namun rumornya RealmeOS akan berbasis Android Q. 


BACA JUGA

Spesifikasi Realme 5 dan Realme 5 Pro yang diresmikan di India

Realme umumkan smartphone empat kamera 64MP

Realme 5 saingi Mi A3 dengan chipset serupa, Snapdragon 665


CEO Realme, Madhav Sheth, mengatakan dalam sebuah wawancara beberapa bulan lalu, OS yang dirancang perusahaannya akan memberikan peningkatan kinerja ponsel jangka panjang. Serupa dengan Android, RealmeOS pun akan memiliki fitur yang unik dan berguna bagi pengguna. 

Namun demikian belum diketahui apakah RealmeOS akan tersedia untuk jajaran Realme yang sudah ada atau hanya terbatas pada smartphone Realme seri baru. Pasalnya Realme juga memiliki fitur yang berbeda dengan ponsel Oppo, meski sama-sama menjalankan ColorOS. 

Bulan lalu Realme 3 Pro menerima pembaruan yang membawa App Market, toko aplikasi Realme sendiri. Ada juga Game Center yang merupakan toko gim mobile. Ini menunjukkan bagaimana perusahaan menyiapkan ekosistem secara mandiri. Jika RealmeOS benar-benar diluncurkan akhir tahun ini, maka eksistensi Realme akan semakin kuat di industri smartphone.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: