Realme bakal buka bootloader di smartphone mereka

Langkah yang diambil realme membuat pengguna dapat melakukan root untuk mendapatkan performa maksimal dari smartphone realme.

Realme bakal buka bootloader di smartphone mereka Source: Google

Realme membuat langkah yang tidak biasanya dilakukan oleh sebuah vendor smartphone. Perusahaan asal Tiongkok ini mengumumkan bahwa pihaknya membuka akses bootloader untuk semua smartphone-nya. Pengumuman itu diberikan oleh seorang petinggi Realme di media sosial populer di Tiongkok, Weibo. 

Tapi untuk diketahui bahwa hal ini baru berlaku di Tiongkok saja. Akses bootloader yang terbuka itu pun hanya untuk smartphone realme yang tersedia di pasar Negeri Tirai Bambu. Dengan begini, pengguna realme akan mendapatkan akses serta kontrol lebih pada smartphone mereka. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Fitness Tracker pertama realme akan meluncur bulan depan

realme Buds Air laku 1.000 Unit dalam waktu 16 menit

Realme Buds Air resmi hadir di Indonesia


Untuk diketahui, bagi sebuah smartphone Android, bootloader bukan hal yang asing. Ini merupakan sebuah program yang mampu memberikan aksesibilitas untuk memodifikasi sistem, memverifikasi integritas OS menyediakan media untuk melakukan update perangkat dan program yang memuat OS ketika smartphone sedang dalam proses booting

Biasanya, vendor akan mengunci akses bootloader. Alasannya, agar tidak terjadi kesalahan sistem ketika pengguna mengutak-atik smartphone tersebut. Smartphone dengan model bootloader terbuka paksa, otomatis akan kehilangan garansinya. 

Dengan dibukanya akses bootloader itu, pengguna dapat melakukan root perangkat mereka dan bahkan memasangkan custom ROM di dalamnya. Dilansir dari GizmoChina (28/11), langkah yang diambil realme membuat pengguna dapat melakukan root untuk mendapatkan performa maksimal dari smartphone realme. 

Untuk itu, realme menyediakan tool untuk membuka akses bootloader itu. Namun saat ini baru ada beberapa smartphone yang didukung, yakni realme X2, realme X2 Pro, realme X2 Pro Master Edition, realme Q, realme X dan realme X Youth Edition. Perlu ditekankan juga bahwa ini hanya tersedia di Tiongkok saja. Belum diketahui apakah realme akan memperluas kebijakan itu untuk kawasan lainnya. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: