sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Rabu, 07 Apr 2021 15:00 WIB

realme 8 Pro, kamera perkasa performa juara

realme 8 Pro ini memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman digenggam. Kendati ringan, spesifikasi jeroan smartphone ini patut jadi andalan berkat prosesor serta kamera 108MP.

realme 8 Pro, kamera perkasa performa juara
Source: Tek.id

Layar smartphone yang semakin besar turut berdampak pada bodi perangkat yang semakin tebal dan berat. Namun rupanya hal tersebut mampu dipangkas oleh realme melalui smartphone barunya, realme 8 Pro. Smartphone ini menawarkan tampilan yang luas berkat layar 6,4 inci, bezel mini serta punch hole yang mungil.

Smartphone ini juga memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman digenggam. Kendati ringan, spesifikasi jeroan smartphone ini patut jadi andalan berkat prosesor serta kamera 108MP. Oleh karena itu, realme menyebut realme 8 Pro sebagai The Best 108MP camera phone with stylish design. Berikut ulasan lengkapnya.

Kamera perkasa

Seiring waktu, resolusi kamera smartphone semakin berkembang sehingga menghasilkan resolusi yang kian tinggi. Teknologi ini juga diadopsi realme 8 Pro yang membawa kamera utama 108MP, Capture Infinity. Tak hanya sekadar angka, kamera ini memang mampu menangkap detail gambar dengan baik. Terlebih, realme 8 Pro juga dilengkapi tiga kamera pendukung mencakup 8MP ultra-wide angle, 2MP lensa black and white, serta lensa makro 2MP. Konfigurasi ini dapat menunjang kebutuhan fotografi berbagai angle dan objek.

Tak hanya dari sisi hardware, realme 8 Pro juga dilengkapi sejumlah fitur yang mendukung aktivitas fotografi mencakup 3X in-sensor Zoom, Tilt-shift Time-lapse Video, Starry Time-lapse Video, New Super Nightscape Mode, Ultra Nightscape Video, Neon Portrait, Dynamic Bokeh hingga Dual-view Video. Dukungan ini semakin membuat realme 8 Pro layak menjadi pilihan anak muda yang gemar fotografi mobile atau untuk membuat konten media sosial.

Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Saat kita menatap objek yang sangat dekat dengan kita, latar belakang biasanya tidak fokus. Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift yang mahal, yang membuat bagian foto menjadi jelas, dan sebagian menjadi buram. Dengan algoritme fotografi tilt-shift baru, realme 8 Pro sekarang dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur

Mode Tilt-shift juga memungkinkan Anda menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual sesuai dengan pemandangannya. Mode Tilt-shift pun mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, menyajikan dunia nyata dengan cara yang lebih fantastis dan unik.

Setiap detail gambar dapat ditangkap dengan baik, bahkan untuk objek yang berada di kejauhan. Berkat kamera 108MP, detail gambar di kejauhan pun dapat terlihat dengan cukup jelas ketika foto diperbesar (zoom) di galeri. Cahaya yang mengitari objek juga dapat ditangkap dengan baik sehingga mengoptimalkan hasil foto tanpa harus menggunakan efek tambahan. Warna yang ditangkap kamera realme 8 Pro juga tampak nyata sehingga gambarnya tampak menawan.

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Kamera realme 8 Pro juga punya fitur efek bokeh terbaru bernama Dynamic Bokeh dan Neon Portrait. Jika pada foto bokeh biasa bokeh yang dihasilkan hanya sekedar buram, pada Dynamic Bokeh efek buram diberi kesan bergerak cepat sehingga objek lebih terlihat dramatis. Pada Neon Portrait, jika Anda memotret dengan latar belakang lampu, maka bokeh yang dihasilkan dari pendaran lampu di latar belakang akan terlihat lebih indah dengan bentuk pendaran cahaya buram yang membulat.

Selain itu, mode potrait untuk mengakomodir foto bokeh. Efek ini akan berguna khususnya untuk mengambil foto objek dari jarak dekat dengan memanfaatkan lensa makro. Efek bokehnya tampil begitu rapi tanpa kesan yang berlebihan. realme 8 Pro dapat memisahkan objek foto dan menghasilkan efek blur secara smooth. Tingkat bokehnya sendiri dapat diatur hingga 100%, dimana pengaturan default-nya mencapai 60%. Pengaturan ini juga dapat diubah baik sebelum atau setelah proses pengambilan foto bokeh selesai.

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Fitur HDR turut hadir di realme 8 Pro. Fitur ini akan membantu pengambilan gambar dengan pencahayaan yang lebih dinamis. Hasilnya, foto dengan fitur HDR tampak lebih “hidup” dibanding foto tanpa HDR. Sebab, pencahayaan setiap objek menjadi lebih kaya sehingga detailnya lebih terlihat. Fitur HDR-nya dapat diaktifkan atau diatur otomatis, karena kamera realme 8 Pro dapat menentukan kapan fitur HDR dibutuhkan.

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Spesifikasi dan harga realme 8 Pro

Kemampuan fotografi realme 8 Pro tak hanya dapat diandalkan saat cahaya melimpah. Fitur Super Nightscape Mode pada smartphone ini juga mampu menghasilkan gambar yang ciamik. Meski sistem pada smartphone ini memproses kumpulan gambar hingga memoles pencahayaannya, hasil gambar malamnya tampak begitu natural dengan detail yang tajam.

Prosesnya hampir sama dengan fitur mode malam pada umumnya, dimana dibutuhkan waktu beberapa detik setelah tombol kamera ditekan hingga gambar selesai disimpan. Meski tanpa menggunakan Super Nightscape Mode pun hasilnya tampak bagus, penggunaan mode itu justru menambah detail gambar sehingga fotonya lebih kece. Dengan Super Nightscape Mode, pencahayaan gambar menjadi lebih dinamis. Kendari begitu, realme 8 Pro mampu menjaga detail gambar dengan baik.

Foto tanpa mode Night

Foto dengan mode Night realme 8 Pro

Foto tanpa mode Night

Foto dengan mode Night realme 8 Pro

Yang tak kalah menarik adalah fitur Dual-View Video. Fitur ini memungkinkan pengambilan gambar baik menggunakan kamera depan maupun belakang secara bersamaan. Fitur ini akan sangat berguna untuk kebutuhan vlogging karena memungkinkan pengambilan gambar dari dua angle sekaligus. Format tampilannya pun dapat diatur mencakup Split, dimana tampilan preview kamera depan maupun kamera belakang sama besar di layar, Round atau Rectangle yang tampilannya seperti video call, dimana preview kamera depan lebih kecil. Hasilnya sendiri tampak bagus dengan kualitas video yang tajam.

Sementara itu kamera depan realme 8 Pro didukung dengan resolusi 16MP. Kamera ini disematkan pada lubang (punch hole) layar, tepat di sudut kiri sehingga tak begitu mengganggu tampilan. Kamera ini juga dapat diandalkan untuk mengabadikan foto selfie di berbagai pencahayaan, baik dengan atau tanpa tambahan efek bokeh. Detail objek dapat ditangkap dengan baik, disertai kontras warna yang bagus dan tidak berlebihan.

Selfie realme 8 Pro

Sejumlah fitur turut melengkapi kamera depan realme 8 Pro, termasuk Chroma Boost yang menyediakan beragam filter, HDR, efek beauty, hingga AI Mixed Portrait yang mampu menggabungkan dua angle video menjadi satu video yang unik. Ada pula fitur Neon Portrait yang akan membantu mengakomodir foto selfie saat malam hari menjadi lebih dramatis. Layar smartphone juga akan menjadi lebih terang sehingga memberikan pencahayaan pada wajah. Dengan begitu, selfie saat malam hari bukan lagi hal yang sulit.

    Editor
    Share
    ×
    tekid
    back to top