Realme 3 Pro, penyandang Pro paling oke di kelas menengah

Performa versi Pro Realme 3 baru ini bisa mengungguli smartphone Pro lain dikelasnya. Menariknya, realme 3 Pro dijual jauh lebih murah.

Lebaran kian dekat, seringnya masyarakat Indonesia mulai aktif berbelanja untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Daftar belanjaan mulai dirancang sedari sekarang, sembari menanti THR atau bonus untuk merayakan Hari Raya bersama keluarga.

Nah, untuk yang berencana mengganti smartphone, waktu-waktu seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai bergerilya mencari beberapa referensi. Nah, Tek.id punya satu rekomendasi untuk membantu Sahabat Tek mencari perangkat yang hebat. Adalah realme 3 Pro


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Pikir dua kali sebelum mengisi daya menggunakan charger publik

Resmi, ini harga dan spesifikasi ZenFone 6 di Indonesia

Black Shark harus tempuh jalur hardware demi penuhi TKDN


Desain kekinian dengan sentuhan premium

Realme 3 Pro merupakan versi penerus dari realme 3 yang meluncur lebih dulu beberapa bulan lalu. Sejatinya, DNA desain dari penerus realme 3 ini masih sama, desain unibodi, poni Dewdrop untuk kamera selfie, serta bezel layar yang sangat tipis.

Sentuhan premium kembali diaplikasikan pada back covernya. Dimana seri penerus ini kembali menampilkan polesan gradasi mengilap serta pola huruf S yang merupakan huruf awal dari kata “speed” yang menekankan #KecepatanNgebut, slogan yang dibawa oleh seri ini.

Untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk main gim atau menikmati konten-konten multimedia, realme 3 Pro dibekali dengan layar seluas 6,3 inci. Layarnya ini memiliki resolusi 1080x 2340 dengan kerapatan 409ppi. Layarnya dijamin nyaman di mata.

Si realme 3 Pro ini menggunakan User Interface ColorOS 6.0 yang berjalan pada sistem operasi Android Pie. Tampilannya memang terlihat simpel, layaknya stok Android. Namun, penggunaan UI seperti ini justru membuat interaksi yang sangat responsif ketika berpindah antar aplikasi.

Ini Pro di kelas menengah yang sebenarnya

Sedari awal tahun ini, tidak sedikit vendor-vendor yang meluncurkan seri baru smartphonenya dengan embel-embel Pro. Sebut saja Vivo V15 Pro lalu ada Huawei P30 Pro yang dirilis April lalu. Berhubung Huawei P30 Pro merupakan seri flagship, jadi untuk sekadar perbandingan Tek.id memilih V15 Pro.

Dari dapur pacu, Realme 3 Pro dibekali prosesor Snapdragon 710, GPU Adreno 616, dukungan RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB. Sementara Vivo V15 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 675, GPU Adreno 612, RAM 6GB serta kapasitas penyimpanan yang sama yakni 128GB.

Untuk melihat bagaimana performanya, Tek.id menjalankan beberapa pengujian sintetis menggunakan AnTuTu Benchmark, PCMark dan 3DMark. Hasilnya bisa dilihat pada tabel dibawah ini:

Berdasarkan pengujian sintetis, realme 3 Pro menunjukan performa yang cukup baik jika dibandingkan dengan Vivo V15 Pro. Meski Realme 3 Pro tidak sebaik Vivo V15 Pro pada pengujian AnTuTu Benchmark, namun di pengujian PCMark dan 3DMark, realme 3 Pro tampak mengungguli smartphone selfie milik Vivo.

Urusan kamera juga tidak kalah

Realme 3 Pro hadir dengan kamera selfie 25MP sementara Vivo V15 Pro 32MP. Dari hasil fotonya keduanya memiliki karakter yang cukup berbeda. Realme 3 Pro cenderung tampil kebiruan sementara V15 Pro tampil kekuningan.

Menariknya detail pada foto Realme 3 Pro terlihat lebih baik. Hal ini dapat terlihat dari tekstur garis-garis pada sweater dan hijab yang tampak lebih jelas. Jika tidak percaya lihat sendiri hasilnya dibawah ini ya.

Bergerak ke kamera utama. Meski hanya mengandalkan konfigurasi 2 kamera, namun Realme 3 Pro tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih Realme 3 Pro menyiapkan beberapa mode foto seperti Chroma Boost dan Nightscape. Coba perhatikan perbandingan foto dibawah ini.

Foto tersebut diambil menggunakan mode Chroma Boost. Mode ini akan memaksimalkan warna pada hasil foto yang diambil, namun tetap menjaga agar warna yang dihasilkan tidak berlebihan. Terlihat hasil foto dari Realme 3 Pro memiliki saturasi warna serta detil yang baik.

Sementara, foto yang diambil menggunakan Vivo V15 Pro lagi-lagi cenderung kuning dan mengangkat warnanya. Namun sayang, detilnya kurang terjaga.

Giliran foto malam hari, realme 3 Pro tampaknya kembali unggul. Hal ini diwakili oleh beberapa poin seperti tingkat kecerahan dan detail foto. Hasil foto realme 3 Pro dapat menghasilkan warna yang sangat natural meski sedikit mengangkat area gelap di beberapa sisi.

Oh iya saya juga ada beberapa sampel foto hasil jepretan realme 3 Pro yang diambil dari lantai 56 Menara BCA. Berikut fotonya:

Untuk urusan main gim, keduanya tampil sama baiknya. Kami bisa memainkan PUBG dengan pengaturan grafis High dengan lancar. Menurut pantauan Gamebench (aplikasi pengukur FPS), realme 3 Pro memiliki rata-rata frame diangka 29 FPS.

Sering dipakai bermain gim akan menguras baterai, namun berkat fitur pengisian cepat VOOC 3.0 flash charge kami dapat mengisi baterai dengan cepat. Di charge selama 30 menit, baterainya dapat terisi sebesar 50 persen. Cepat bukan?

Penyandang Pro paling oke di kelas menengah

Nah setelah diulas, Realme 3 Pro tampaknya layak menjadi pilihan paling oke untuk smartphone ‘premiumnya kelas menengah’. Hal ini bisa dilihat dari kinerjanya yang bisa mengungguli smartphone lain yang dibanderol 2 juta lebih mahal sekalipun.

Jadi kalau bisa mendapatkan performa ngebut dengan harga yang cukup terjangkau, buat apa nyari yang jauh lebih mahal kan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: