sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
Selasa, 02 Mar 2021 10:13 WIB

Ramai di Twitter, Spotfify hapus ratusan lagu K-pop

Spotify hapus ratusan lagu dari distributor lagu Korea, Kakao M karena perjanjian lisensi yang sudah berakhir.

Ramai di Twitter, Spotfify hapus ratusan lagu K-pop

Spotify belum lama sempat ramai dibicarakan di Twitter. Hal ini terjadi setelah aplikasi streaming musik itu mengumumkan penghapusan ratusan lagu K-pop dari katalog lagunya. Ratusan lagu tersebut diidentifikasi sebagai lagu dari Kakao M yang menaungi label musik Melon. Hal ini membuat para penggemar K-pop pun geram.

Seorang juru bicara Spotify menjelaskan, “Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak dapat lagi memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia.”

Spotify menambahkan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk memperpanjang lisensi selama satu setengah tahun terakhir. Sayangnya, kesepakatan tidak bisa dicapai. Di samping itu, perusahaan juga mengklarifikasi spekulasi yang mengatakan perjanjian lisensi ada hubungannya dengan peluncuran resmi layanan mereka di Korea Selatan yang baru-baru ini dilakukan dan menempatkan Melon - layanan streaming dari Kakao M, sebagai pesaingnya.

“Masalah perjanjian lisensi global kami tidak terkait dengan peluncuran layanan kami di Korea Selatan,” tambah juru bicara Spotify. “Kami akan melakukan yang terbaik sehingga kami dapat terus bekerja dengan pemegang hak Korea, termasuk Kakao M dan membantu pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan tumbuh bersama.”

Untuk diketahui, 37,5% dari chart 400 Lagu Teratas di Gaon Chart pada akhir 2020 didistribusikan oleh Kakao M. Oleh karena itu, hilangnya katalog merupakan pukulan besar bagi Spotify dan penggemar K-pop yang menggunakan aplikasi tersebut.

Adapun artis yang diskografinya terpengaruh dalam penghapusan ini, di antaranya IU, SEVENTEEN, NU'EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, BEAST, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, Golden Child, VICTON, Lovelyz, PENTAGON, ONEUS, Hyolyn, KARD, Brave Girls, CNBLUE, DIA , Younha, SECHSKIES, dan masih banyak lagi.

Share
×
tekid
back to top