Ramadan, Tokopedia targetkan lonjakan hingga 50 kali lipat

Di tahun ini, Tokopedia menargetkan lonjakan akses pengguna hingga puluhan kali lipat. Penjualan selama Ramadan diprediksi meningkat drastis.

Ramadan, Tokopedia targetkan lonjakan hingga 50 kali lipat

Tokopedia kembali menggelar program Semarak Ramadan Ekstra di tahun ini. Program serupa juga pernah mereka langsungkan di tahun sebelumnya, guna memanjakan pengguna selama bulan Ramadan. Di tahun ini, Tokopedia menargetkan lonjakan akses pengguna hingga puluhan kali lipat. Pasalnya di tahun lalu, saat puncak Semarak Ramadan Ekstra berlangsung, Tokopedia mendapati peningkatan kunjungan pengguna hingga lima kali lipat.

"Tahun lalu dalam sehari, sebanding dengan perjalanan 5 tahun Tokopedia. Tahun ini kita ingin pertahankan itu. Kalau bisa sih Insyaallah pengennya tahun ini sampai 50 kali lipat," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.


BACA JUGA

Masyarakat Indonesia semakin sering pakai jasa toko dan pinjaman online

Masyarakat Indonesia semakin sering pakai jasa toko dan pinjaman online

Mantan Gubernur Bank Indonesia jadi Komisaris Utama Tokopedia


Tak hanya itu, pada Maret 2019 Tokopedia juga mencatat penjualan yang meningkat empat kali lipat dibanding Maret tahun lalu. Oleh karenanya, penjualan selama Ramadan juga diperkirakan meningkat lebih dari pencapaian tersebut. "Bulan Maret kemarin saja jumlah penjualan Tokopedia sudah meningkat sampai empat kali lipat. Jadi kebayang kalau bulan Ramadan mungkin lebih dari itu lagi dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, di Ramadan tahun ini produk fesyen menjadi produk yang paling banyak diminati oleh pengguna Tokopedia. Tahun lalu sendiri, baju koko Black Panther yang menjadi trending di kalangan pengguna. Selain produk fesyen, produk lifestyle juga masuk dalam daftar produk terlaris di Semarak Ramadan Ekstra Tokopedia, setidaknya hingga saat ini.

Program Semarak Ramadan Ekstra Tokopedia sendiri telah berlangsung sejak 6 Mei lalu. Puncaknya akan berlangsung pada 17 Mei. Meski begitu, sejumlah promo juga akan tetap disediakan hingga akhir bulan ini. Di puncak program ini, Tokopedia menawarkan gratis ongkos kirim sepuasnya tanpa minimum transaksi.

Startup unicorn ini juga memberikan Kupon THR (Tokopedia Hadiah Ramadan). Kupon ini bisa didapatkan dengan membagikan ke rekan maupun kerabat sehingga mendapatkan cashback maksimal Rp2 juta. Pengguna juga berkesempatan mendapatkan kesempatan paket umrah dari 16-17 Mei 2019. Di puncak Semarak Ramadan Ekstra Tokopedia, pengguna harus bertransaksi di Tokopedia. Setelah 17 Mei 2019, undian umrah tetap tersedia setiap minggunya.

Jelang puncak program Ramadan ini, Tokopedia juga telah menyiapkan berbagai hal seperti kesiapan logistik hingga tim IT guna menjaga pengalaman pengguna tetap nyaman. Persiapan tersebut bahkan diakui perusahaan telah berlangsung sejak Desember tahun lalu demi mengantisipasi lonjakan akses pengguna.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: