sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 17 Nov 2022 08:31 WIB

Qualcomm umumkan Snapdragon AR2, prosesor untuk kacamata AR

Qualcomm memperkenalkan platform augmented reality (AR) pertama di dunia yang dibuat khusus untuk digunakan di kepala, Snapdragon AR2 Gen 1, sebagai bagian dari portofolio extended reality (XR).

Qualcomm umumkan Snapdragon AR2, prosesor untuk kacamata AR

Qualcomm telah mengumumkan Snapdragon AR2 Gen 1 untuk penggunaan pada teknologi augmented reality (AR) dalam sebuah perangkat kacamata ramping dan berkemampuan tinggi. Dalam menciptakan kacamata AR tipis dan berperforma tinggi, perusahaan tersebut telah membangun arsitektur pemrosesan terdistribusi multi-chip.

Prosesor Snapdragon AR2 dikatakan menempati 40% area yang lebih kecil di PCB dan secara keseluruhan diklaim memberikan performa AI 2,5 kali lebih baik sekaligus dengan konsumsi daya 50% lebih minim. Hal ini memungkinkan pengalaman AR yang kaya sehingga nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

Chipset itu menggunakan arsitektur multi-chip yang mencakup prosesor AR, co-prosesor AR, dan platform konektivitas. Ini secara dinamis bekerja untuk mendistribusikan pemrosesan data persepsi yang sensitif terhadap latensi secara langsung pada kacamata dan membebani persyaratan pemrosesan data yang lebih kompleks ke ponsel, PC, atau perangkat host lain yang kompatibel dengan Snapdragon.

Co-processor AR mengumpulkan data kamera dan sensor serta memungkinkan pelacakan mata dan otentikasi iris mata untuk rendering foveated, sehingga mengoptimalkan beban kerja hanya di tempat yang dilihat pengguna. Hal ini membantu mengurangi konsumsi daya.

Dalam hal konektivitas, ini memanfaatkan Qualcomm FastConnect 7800 untuk memakai teknologi Wi-Fi 7 tercepat di dunia dan mencapai latensi <2ms antara kacamata AR dan ponsel atau perangkat host. Dukungan untuk FastConnect XR Software Suite 2.0 memungkinkan kontrol data XR yang lebih baik untuk meningkatkan latensi, mengurangi jitter, dan menghindari gangguan yang tidak diinginkan.

Untuk memungkinkan pengembang membangun aplikasi AR berkualitas tinggi, Snapdragon AR2 dan platform Snapdragon 8 Gen 2 dioptimalkan untuk menjadi Snapdragon Spaces Ready. Snapdragon Spaces XR Developer dirancang untuk menjadi fondasi yang akan membuka jalan bagi pengembang untuk menata ulang konten AR yang dikenakan di kepala dan membantu mendorong seluruh segmen kacamata AR.

"Dengan persyaratan teknis dan fisik untuk VR/MR dan AR yang berbeda, Snapdragon AR2 mewakili platform pendefinisian metaverse lainnya dalam portofolio XR kami untuk membantu mitra OEM kami merevolusi kacamata AR,” kata Vice President of XR Product Management, Qualcomm Technologies, Hugo Swart.

Share
×
tekid
back to top