Qualcomm tertarik gunakan jasa Samsung untuk produksi Snapdragon 865

Pihak Qualcomm merasa teknologi fabrikasi chipset 7nm EUV lebih baik dibandingkan dengan yang dilakukan oleh TSMC.

Qualcomm tertarik gunakan jasa Samsung untuk produksi Snapdragon 865 Qualcomm Snapdragon 855 (Qualcomm)

Bisnis chipset Samsung saat ini semakin melejit. Hal ini dikarenakan mereka berhasil membuat chipset 7nm EUV mereka, seperti beberapa vendor pembuat chipset lainnya yang juga sudah dapat membuat chipset dengan teknologi yang sama.

Salah satu perusahaan yang dikabarkan tengah melakukan pendekatan dengan Samsung adalah Qualcomm. Ya, alih-alih menggandeng TSMC untuk memproduksi Snapdragon 865, tampaknya mereka lebih memilih menggandeng Samsung.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel

Intel akan mulai jual Core i9-9900KS Oktober mendatang

Intel akui takluk dari AMD


Kabar ini memang sebuah kabar yang mengejutkan. Tapi, GSM Arena (13/6/2019) melaporkan, kesepakatan itu belum mencapai kesepakatan. Saat ini diketahui keduanya tengah menghadapi negosiasi tahap akhir.

Qualcomm percaya bahwa proses EUV 7nm Samsung lebih maju daripada die 7nm TSMC. Ada info yang beredar di Twitter bahwa akan ada dua versi Snapdragon 865, yakni yang akan hadir dengan modem 4G dan akan hadir dengan modem X55 5G.

Fabrikasi Samsung juga akan memproduksi chip GPU untuk Nvidia, yang telah menggunakan jasa TSMC selama bertahun-tahun. Arsitektur Ampere baru akan menjadi yang pertama di perusahaan pada proses 7nm, kartu Turing saat ini (20xx dan 16xx) dibangun oleh TSMC pada teknologi fabrikasi 12nm kustom.

IBM juga telah memilih menggunakan fabrikasi 7nm EUV Samsung untuk prosesor Power generasi berikutnya. Chipset unggulan Exynos berikutnya, yang diharapkan untuk meluncur di Galaxy Note 10, juga diharapkan dibangun pada proses EUV ini.

Samsung memiliki rencana untuk memperluas pabrik EUV untuk menangani permintaan yang meningkat. Mereka mengatakan, lini produksi baru akan mulai diproduksi pada Februari tahun depan.

Yang paling ditunggu-tunggu adalah hasil kolaborasi Samsung dengan AMD. Keduanya telah menandatangani kontrak kerjasama untuk membangun sebuah GPU untuk menghadirkan pengalaman gaming yang lebih baik di ranah mobile.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: