sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
Jumat, 04 Sep 2020 11:00 WIB

Snapdragon 8cx Gen 2 tawarkan konektivitas 5G untuk laptop berbasis Windows 10

Qualcomm mengumumkan Snapdragon 8cx Gen 2 yang menawarkan performa yang lebih baik serta dukungan modem 5G tertanam untuk laptop berbasis Windows 10.

Snapdragon 8cx Gen 2 tawarkan konektivitas 5G untuk laptop berbasis Windows 10
Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 2

Intel baru saja memperkenalkan jajaran prosesor mobile terbaru mereka, yakni Intel Core gen-11 “Tigerlake”. Beberapa vendor laptop pun sudah memperkenalkan jajaran laptop terbaru mereka yang menggunakan prosesor tersebut, yang hadir dengan masa pakai lebih dari 9 jam dan dukungan 5G.

Melihat apa yang dilakukan oleh Intel, Qualcomm pun merasa tertantang. Seperti diketahui, tahun lalu mereka sudah memperkenalkan prosesor Snapdragon 8cx yang ditujukan untuk laptop berbasis Windows 10. Sayang, hingga saat ini belum ada laptop yang dijual yang menawarkan konfigurasi tersebut.

Namun, belakangan ini Qualcomm baru saja memperkenalkan Snapdragon 8cx Gen 2. Mereka mengklaim, dengan menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, prosesor ini akan dapat menjalankan laptop berbasis Windows 10 dengan sangat baik.

Hal pertama yang mereka tekankan adalah Snapdragon 8cx Gen 2 ini sudah memiliki modem Snapdragon X55 5G tertanam. Hal ini akan memberikan notebook Windows 10 generasi berikutnya akses internet secara langsung dengan jaringan yang sangat cepat.

Tak ketinggalan, Wccftech (4/9) melaporkan bahwa prosesor ini juga sudah memiliki dukungan Wi-Fi 6. Jadi, para pengguna dapat memilih jaringan mana yang terbaik saat menggunakan laptop mereka.

Di sisi performa, Snapdragon 8cx Gen 2 memiliki delapan inti komputasi Kryo 495, bersama dengan dukungan memori LPDDR4 pada kecepatan clock hingga 2133MHz. Selain itu, SoC ini juga sudah mendukung NVMe SSD dan penyimpanan UFS 3.0.

Konfigurasi ini membuat prosesor ini dapat memberikan kinerja sistem hingga 50 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan Intel Core i5 hybrid yang memiliki TDP 7 watt. Kemungkinan besar, prosesor Qualcomm ini akan memiliki watt yang lebih rendah.

Selain itu, Snapdragon 8cx Gen 2 mendukung kamera hingga 32MP termasuk teknologi 4K HDR. Ada juga dukungan konferensi video yang lebih baik berkat teknologi Aqstic internal untuk menekan gema dan peredam bising.

Tak ketinggalan, ada juga dukungan output hingga dua monitor 4K menggunakan sambungan USB Type-C. Jadi, para pengguna masih akan mendapatkan dukungan penuh seperti pada saat mereka menggunakan laptop menggunakan prosesor Intel atau AMD lainnya.

Diharapkan, laptop berbasis Windows 10 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8cx akan hadir sebelum akhir 2020 mendatang.

Share
×
tekid
back to top