sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 23 Jan 2023 12:42 WIB

Ingin saingi chipset Apple seri-M, Qualcomm siap rilis Snapdragon 8cx Gen 4

Qualcomm diinformasikan segera meluncurkan prosesor Snapdragon 8cx Gen 4 demi bersaing dengan prosesor Apple seri-M mendatang.

Ingin saingi chipset Apple seri-M, Qualcomm siap rilis Snapdragon 8cx Gen 4

Qualcomm diam-diam mengembangkan chip yang akan bersaing dengan Apple seri-M di masa depan. Perusahaan tersebut dilaporkan dengan membuat prosesor baru dengan nama kode “Hamoa”, menurut laporan sebelumnya.

Informasi terbaru yang akhir-akhir ini muncul secara online menyatakan bahwa chipset mendatang itu akan dipasarkan sebagai “Snapdragon 8cx Gen 4”. Dilansir dari Gizmochina (23/1), spesifikasi terbaru dari seri Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 4 yang akan datang sangat menarik, dan jika chipset ini berfungsi sebagai saingan sejati SoC Apple seri-M, kita akan memiliki persaingan nyata di pasar.

SoC 12 core itu sebelumnya disebutkan oleh tipster Twitter terkenal Kuba Wojciechowski, yang sekarang mengklaim bahwa nama prosesornya adalah Snapdragon 8cx Gen 4. Qualcomm dilaporkan sedang mengerjakan sejumlah chipset, tetapi yang dikatakan menawarkan performa terbaik dianggap memiliki 8 core dan 4 core hemat daya. Dia tidak menyebutkan, apakah inti Qualcomm Oryon, yang merupakan solusi khusus yang dimungkinkan oleh akuisisi Nuvia oleh perusahaan, akan hadir di Snapdragon 8cx Gen 4.

Tipster tersebut lebih lanjut mengklaim bahwa setiap blok dari empat core memiliki cache shared L2 sebesar 12 MB dan cache L3 sebesar 8 MB. Karena Snapdragon 8cx Gen 4 dikabarkan memiliki prosesor grafis Adreno 740 yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm dilaporkan tidak membuat GPU baru untuk chipset mendatangnya.

Adreno 740 masih merupakan GPU yang kuat, tetapi ketika digunakan di laptop Windows ketimbang di ponsel, batasannya mungkin mulai terlihat. Meski demikian, data yang diberikan tipster cukup menarik, dengan core kinerja Snapdragon 8cx Gen 4 diuji pada frekuensi 3,4 GHz dan core hemat daya beroperasi pada 2,5 GHz.

Share
×
tekid
back to top