sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 06 Sep 2022 22:00 WIB

Qualcomm rilis Snapdragon 6 Gen 1 & Snapdragon 4 Gen 1, tersedia mulai Q3 2022

Kedua chipset menawarkan peningkatan kinerja dan keunggulan yang berbeda untuk kebutuhan segmen mid-tier dan akan tersedia secara komersial mulai Q3 2022. 

Qualcomm rilis Snapdragon 6 Gen 1 & Snapdragon 4 Gen 1, tersedia mulai Q3 2022

Qualcomm resmi meluncurkan dua chipset terbarunya untuk platform seluler, yaitu Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1. Masing-masing chipset menawarkan peningkatan kinerja dan keunggulan yang berbeda untuk kebutuhan segmen mid-tier dan akan tersedia secara komersial mulai Q3 2022. 

"Snapdragon 6 dan Snapdragon 4 memberikan peningkatan di seri masing-masing untuk menghadirkan kecanggihan dalam pengambilan gambar, konektivitas, hiburan, dan AI. Mobile platform baru ini membantu pelanggan kami untuk memberikan solusi canggih bagi pengguna," ungkap Deepu John, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (6/9).

Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1

Snapdragon 6 Gen 1 hadir dengan kemampuan fotografi yang diungguli. Sebab, chipset ini mengintegrasikan tiga ISP sehingga dapat mengambil gambar dari tiga lensa sekaligus dengan kecepatan gigapiksel. 

Chipset mendukung kamera hingga 108MP dan perekaman video dengan komputasi HDR, melalui dukungan untuk sensor gambar HDR. Ini merupakan yang pertama kali hadir dalam jajaran seri Snapdragon 6. 

Selain itu, Snapdragon 6 juga menerima peningkatan kinerja AI hingga 3x lebih baik dari pendahulunya dan pelacakan aktivitas berbasis AI, berkat fitur Qualcomm® AI Engine Generasi ke-7. 

Untuk kinerja gimnya, chipset dapat memberikan rendering grafis hingga 35% lebih cepat dan pemrosesan hingga 40% lebih cepat. Dari segi tampilannya, chipset diklaim menawarkan hasil yang mulus dan berkualitas tinggi selama bermain gim HDR dengan kecepatan 60+ fps.

Didukung oleh Snapdragon X62 5G Modem-RF System, chipset memungkinkan konektivitas global yang ekspansif dengan mendukung 5G 3GPP Release 16  dan kecepatan unduh 5G tertinggi hingga 2,9 Gbps. Sementara itu, 2x2 Wi-Fi 6E dari Qualcomm® FastConnect ™ 6700 untuk pertama kalinya dibawa ke seri Snapdragon 6 ini.

Spesifikasi Snapdragon 4 Gen 1

Snapdragon 4 Gen 1, chipset dengan fabrikasi 6nm, menerima peningkatan CPU 15% dan GPU 10% dari generasi sebelumnya. Untuk kameranya, chipset juga menyertakan tiga ISP dan Multi-Frame Noise Reduction untuk hasil foto yang tajam dan detail. Sama dengan Snapdragon 6 Gen 1, platform mendukung pengambilan gambar hingga 108MP.

Tekolongi Qualcomm AI Engine dalam chipset ini memberikan dukungan always-on voice assistant dengan peredam gema dan suara latar, sehingga komunikasi dapat berjalan dengan jelas. Selain itu, kecepatan 5G pada Snapdragon 4 memanfaatkan Snapdragon X51 5G Modem-RF System dengan kecepatan unduh mencapai 2,5Gbps, dan FastConnect 6200 untuk Wi-Fi 2x2 premium serta dukungan Bluetooth.

Smartphone yang ditenagai Snapdragon 6 Gen 1 direncanakan tersedia secara komersial pada Q1 2023, sedangkan perangkat dengan Snapdragon 4 Gen 1 diharapkan tersedia secara komersial pada Q3 2022.

Share
×
tekid
back to top