Qualcomm luncurkan Snapdragon 215 untuk ponsel murah

Melalui Snapdragon 215, Qualcomm membawa teknologi modern ke perangkat dengan harga di bawah Rp1,5 juta.

Qualcomm luncurkan Snapdragon 215 untuk ponsel murah Qualcomm Snapdragon

Fitur modern seperti kamera ganda, VoLTE, dan lainnya saat ini masih menjadi salah satu fitur yang dimiliki oleh perangkat yang memiliki prosesor kelas menengah. Biasanya, prosesor ini dapat ditemukan di perangkat yang memiliki harga diatas Rp1,5 juta.

Melihat tantangan ini, Qualcomm pun berinisiatif untuk membawa fitur ini ke perangkat terjangkau. Mereka pun mengumumkan prosesor terbaru mereka, yakni Snapdragon 215 yang ditujukan bagi perangkat murah dibawah Rp1,5 juta.


BACA JUGA

Skor benchmark Kirin 810 kalahkan Snapdragon 710 dan saingi Exynos 9810

Perlahan tapi pasti, AMD kuasai pasar Asia

A13 Bionic bakal punya kemampuan multi-core yang lebih baik


Mereka tak lagi menggunakan arsitektur 32 bit, melainkan sudah hijrah ke arsitektur 64 bit. Qualcomm pun menjanjikan peningkatan performa hingga 50 persen jika dibandingkan dengan pendahulunya.

CPU baru ini juga dilengkapi dengan sejumlah peningkatan tampilan layar. Para produsen kini dapat menyematkan layar dengan aspek rasio 19,9: 9 dan layar HD + yang memiliki resolusi 1,560 x 720 pixel.

Snapdragon 215 juga menawarkan serangkaian upgrade di sekitar kamera. Ini adalah yang pertama dalam seri 200 yang memiliki prosesor dual ISP yang dapat mendukung teknologi kamera ganda. 

Peningkatan kualitas gambar juga akan dirasakan pengguna karena prosesor ini dapat mendukung modul kamera hingga 13 megapiksel dan datang dengan dukungan perekaman video di resolusi 1080p.

Tak ketinggalan, Snapdragon 215 juga menggunakan Hexagon digital signal processor (DSP) yang diklaim oleh Qualcomm akan memungkinkan perangkat memainkan musik sekitar lima hari. DSP tidak hanya memperpanjang waktu pemutaran audio, tetapi juga berfungsi untuk pemrosesan sensor untuk hal-hal seperti GPS.

Pengguna juga akan mendapatkan rendering grafis 28 persen lebih cepat jika dibandingkan dengan pendahulunya, berkat penggunaan GPU Adreno 308. Dengan penggunaan GPU ini juga akan menghemat daya saat perangkat memainkan video dan diklaim dapat bertahan hingga 10 jam pada layar dengan rasio aspek yang baru.

Perusahaan asal Amerika tersebut juga menambahkan kompatibilitas pembayaran NFC ke Snapdragon 215, serta dukungan dual SIM. Kedua SIM dapat menangani panggilan VoLTE, dan mencapai kecepatan unduh hingga 150 Mbps dengan radio Cat 4.

Untuk kecepatan berselancar internet yang lebih cepat, Snapdragon 215 juga dapat mendukung WiFi 802.11ac untuk mencapai tingkat unduhan hingga 433 Mbps.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: