Qualcomm jadi produsen sensor sidik jari di layar Samsung

Qualcomm dan Goodix akan menjadi produsen sensor sidik jari di layar pada smartphone Samsung mendatang.

Qualcomm jadi produsen sensor sidik jari di layar Samsung

Sebelumnya telah terdapat laporan bahwa sensor sidik jari di bawah layar akan muncul dalam smartphone Samsung. Kini dikabarkan Qualcomm dan MediaTek menjadi dua pemain kunci yang akan bekerja dengan produsen smartphone tersebut. 

Dilansir dari GSM Arena (7/11), menurut orang dalam di industri itu, Qualcomm telah memenangkan pesanan sebagai rekanan penyedia sensor ultrasonic FP bagi Samsung untuk model Galaxy baik yang kelas menengah maupun high-end. Kabarnya pesanan ini dijadwalkan akan dikirim pada akhir 2018 dan awal 2019 mendatang. 

Pemindai sidik jari di bawah layar smartphone memang tengah menjadi tren saat ini. Vivo menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan sensor pemindai sidik jari di bawah layar oleh Synaptics dalam seri X20 Plus UD pada Januari lalu. Sedangkan saat ini beberapa perusahaan smartphone juga telah mengikuti jejak tersebut. Seperti Huawei Mate 20 Pro, OnePlus 6T, Xiaomi Mi 8 Pro, dan Oppo RX17 Pro. 

Sementara itu, Qualcomm akan bertugas menggabungkan pemberdayaan AI mobile di Taiwan, dan sumber daya sensor sidik jari ultarsonic di California. Tak hanya itu, Qualcomm juga akan mengurus kerja sama dengan pembuat panel Taiwan TFT demi menurunkan biaya produksi pemindai sidik jari di bawah layar. 

Untuk Goodix, akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan China seperti, Lenovo, Huawei, Xiaomi, dan Vivo. Kerja sama ini dilakukan untuk menyiapkan pesanan pemindai optik dan akan mengirimkannya pada paruh pertama 2019 mendatang. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: