sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Jumat, 14 Jun 2024 10:04 WIB

Qualcomm informasikan tanggal peluncuran Snapdragon 8 Gen 4

Prosesor Snapdragon 8 Gen 4 akan dibangun oleh TSMC pada node 3nm dan akan menampilkan core CPU Oryon khusus.

Qualcomm informasikan tanggal peluncuran Snapdragon 8 Gen 4

Qualcomm secara resmi mengumumkan bahwa Snapdragon Summit 2024 akan berlangsung dari 24 hingga 26 Oktober di Maui, Hawaii. Snapdragon Summit adalah acara tahunan yang biasanya berfungsi sebagai platform untuk memperkenalkan prosesor mobile kelas atas generasi berikutnya dari perusahaan, dan tahun ini pun seharusnya demikian. Sorotan acara tersebut adalah prosesor Snapdragon 8 Gen 4.

Dilansir dari Gizmochina (14/6), prosesor itu ini akan dibangun oleh TSMC pada node 3nm dan akan menampilkan core CPU Oryon khusus. Berbeda dengan tata letak 1 + 3 + 4 pada Snapdragon 8 Gen 3, chip tersebut kabarnya akan memiliki desain 2 + 6 tanpa core efisiensi.

Kedua core berkinerja tinggi tersebut dikatakan memiliki kecepatan clock puncak 4 GHz dan dilaporkan mencetak lebih dari 3.000 poin dalam tes single-core dan 10.000 poin dalam tes multi-core di Geekbench.

Selain itu, Qualcomm diperkirakan akan menggunakan arsitektur GPU yang ditingkatkan dengan teknologi kompresi cache dan memori yang ditingkatkan untuk kinerja yang lebih baik. Bocoran menunjukkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 dapat menjalankan Genshin Impact dengan lancar selama 45 menit, mempertahankan frame rate yang stabil. Ini cukup mengesankan mengingat itu adalah game yang cukup menuntut.

Xiaomi diperkirakan akan mengumumkan seri Xiaomi 15 segera setelah acara tersebut, menjadikannya smartphone pertama yang menampilkan Snapdragon 8 Gen 4. OnePlus dan iQOO juga dikabarkan masing-masing akan menyiapkan lini OnePlus 13 dan iQOO 13, yang ditenagai oleh chip Qualcomm baru.

Selanjutnya, Samsung juga akan membekali seri Galaxy S25-nya dengan prosesor baru tersebut. Namun seperti biasa, kita dapat mengharapkannya menjadi versi overclock dari prosesor standar Snapdragon 8 Gen 4 yang memulai debutnya dengan tag Made for Galaxy.

Meskipun Snapdragon Summit tidak diragukan lagi akan memberikan lebih banyak penjelasan mengenai chipset yang akan datang, untuk saat ini, kita masih harus menunggu untuk melihat bagaimana generasi berikutnya dari prosesor mobile kelas atas Qualcomm akan berkembang.

Share
×
tekid
back to top