sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 08 Mar 2022 18:18 WIB

Qualcomm kembali gandeng TSMC untuk produksi Snapdragon 8 Gen 2

Setelah sebelumnya Qualcomm dikabarkan akan berpindah ke Samsung, laporan terbaru menyatakan Snapdragon 8 Gen 2 akan tetap diproduksi oleh TSMC.

Qualcomm kembali gandeng TSMC untuk produksi Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm dikabarkan sedang mempersiapkan kehadiran SoC generasi terbaru mereka untuk penerus Snapdragon 8 gen 1. Untuk membuat perangkat ini lebih baik, mereka kembali menggandeng TSMC untuk melakukan pembuatan SoC tersebut.

Sebelumnya, disebutkan bahwa Qualcomm akan beralih ke Samsung untuk membuat SoC terbaru mereka. Namun, dikarenakan beberapa hal, Qualcomm disebut lebih kembali memilih TSMC.

Dilansir dari Wccftech (8/3), kemungkinan besar salah satu faktornya adalah Samsung saat ini baru bisa memiliki tingkat keberhasilan 35 persen dari sebuah wafer. Ini berarti, ada 65 chipset yang rusak dari 100 chip di sebuah wafer.

Di sisi lain, TSMC hingga saat ini memiliki efisiensi produksi yang lebih baik, yakni hingga 70 persen atau lebih. Dengan hasil ini, Qualcomm akan mendapatkan lebih banyak prosesor untuk menutup permintaan pasar yang cukup tinggi.

Selain itu, dengan menggunakan rekanan pabrik yang sama, mereka dapat menyempurnakan sebuah SoC dengan memperbaiki desain dari chipset mereka. Keduanya menjanjikan peningkatan kinerja dan efisiensi daya dari perbaikan desain ini.

Jika kalian bertanya kapan Qualcomm akan meluncurkan SoC dengan teknologi fabrikasi 3nm, kalian harus menunggu lebih lama lagi. Sebab, teknologi fabrikasi ini disebutkan baru akan dapat diproduksi massal pada akhir 2022 mendatang.

Share
×
tekid
back to top