Qualcomm bakal dapat Rp67 triliun dari Apple

Jumlah ini belum termasuk biaya pembelian berkelanjutan yang dibayarkan oleh Apple untuk membeli modem 5G Qualcomm di perangkat iPhone dan iPad mereka.

Qualcomm bakal dapat Rp67 triliun dari Apple Qualcomm (Qualcomm)

Apple dan Qualcomm dikabarkan akan segera melakukan kontrak kerjasama. Setelah beberapa tahun bertarung di meja hijau, keduanya akan kembali bekerja sama di bidang modem smartphone jaringan 5G.

Jumlah transaksi yang dilakukan pun tidak bisa dibilang main-main. Dalam sebuah bocoran, Engadget (2/5/2019) memperkirakan bahwa Qualcomm akan mendapatkan uang dari Apple di kisaran USD4,7 miliar atau sekira Rp67 triliun.


BACA JUGA

Qualcomm makin serius hadirkan prosesor untuk perangkat audio

Monopoli Qualcomm, dalang harga mahal smartphone selama ini

Damai dengan Apple, bos Qualcomm dapat bonus besar


Pembayaran panjer kerjasama ini dikabarkan akan diselesaikan pada kuartal ketiga tahun ini, termasuk pembayaran satu kali dari Apple serta penghapusan kewajiban. Jumlah ini tentu bukan jumlah yang kecil, meskipun Qualcomm menjelaskan bahwa ini tidak akan secara dramatis mengubah kekayaannya.

Di luar pembayaran itu, Qualcomm memperkirakan bahwa mereka akan menghasilkan hingga USD5,5 miliar atau Rp78,4 triliun dalam kuartal berikutnya. Diperkirakan, sekitarĀ USD1,23 miliar atau Rp12,3 triliun di antaranya akan berasal dari lisensi paten yang mencakup Apple.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum pasti seberapa berapa banyak Apple membayar biaya untuk membeli modem ke Qualcomm dalam jangka waktu panjang. Mungkin, hal ini bisa menjadi lebih jelas ketika Apple melanjutkan menggunakan chip Qualcomm di iPhone dan iPad tahun ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: