sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Sabtu, 21 Mar 2020 08:33 WIB

Purwarupa smartphone Android pertama dijual di eBay

Sooner tidak memiliki spesifikasi seperti smartphone Android saat ini, meski begitu perangkat ini memiliki nilai sejarahnya sendiri.

Purwarupa smartphone Android pertama dijual di eBay
Source: Android Police

Sudah lebih dari sepuluh tahun sistem operasi Android hadir di dunia. Sejak saat itu, sistem operasi ini terus dikembangkan sampai saat ini. Sedikit kilas balik, HTC G1/Dream sebenarnya bukanlah perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi ini. Ada perangkat lain yang sudah menggunakan sistem operasi Android, namun tidak pernah diluncurkan ke pasar. 

Perangkat itu sejatinya digunakan untuk mengembangkan Android pada masa awalnya. Google menamakannya dengan Sooner. Kabarnya perangkat inilah yang menjadi inspirasi desain bagi HTC Dream, smartphone Android pertama yang bisa digunakan konsumen. 

Dilansir dari AndroidPolice (21/3), purwarupa Android ini kabarnya dijual di situs online eBay. Dalam laman eBay, setidakknya ada 9 perangkat yang ditawarkan. Masing-masing dibanderol seharga USD195 atau sekitar Rp3 jutaan. Cukup mahal untuk sebuah perangkat Android dengan spesifikasi biasa saja. Meski begitu, Sooner memiliki nilai sejarahnya sendiri. 

Purwarupa Android, Sooner dijual di eBay

Untuk diketahui, Sooner ditenagai dengan prosesor TI OMAP 850. OMAP sendiiri merupakan prosesor yang tenar di smartphone Android hingga tahun 2011. Kiprahnya kemudian harus kandas karena kehadiran Qualcomm Snapdragon di tahun 2012. Setidaknya sampai kuartal kedua tahun 2013, OMAP generasi kelima masih dibuat. Selanjutnya, Texas Instrument, perusahaan yang mengembangkan chipset ini mulai menghentikan produksi untuk smartphone dan tablet. 

Selain itu, Sooner juga dibekali dengan RAM 64MB, layar beresolusi 320x240p dan sebuah kamera dengan resolusi 1,3MP. Ponsel ini sudah mendukung internet 2G serta baterai berkapasitas 960mAh ditempatkan di dalamnya. Tidak seperti smartphone saat ini yang sudah menggunakan baterai tanam, cover belakang dan baterai Sooner masih dapat dilepas. 

Smartphone Android saat ini identik dengan layar sentuh namun tidak dengan Sooner. Model awal ini masih mengandalkan keyboard fisik QWERTY dan bahkan tidak mendukung koneksi Wi-Fi. Bentuknya malah tidak mirip dengan smartphone Android, namun lebih mirip ke Blackberry di era 2000an. Yang membedakannya adalah Sooner menjalankan sistem operasi Android yang sangat awal, bahkan sebelum versi 1.3. 

Di eBay, ponsel itu diklaim sebagai stok lama yang sudah disimpan selama 10 tahun. Paket penjualan menunjukkan bahwa ponsel ini dijual bersama dengan sebuah baterai, adaptor dan earphone. Tidak ada jaminan kalau ponsel ini masih dapat bekerja dengan baik. 

Share
back to top