Purwarupa desain baru Instagram, bakal sembunyikan jumlah like

Dampak perubahan kecil ini bisa jadi sangat besar bagi Instagram. Akan ada banyak sekali perilaku pengguna yang berubah akibat tidak bisa dilihat pengguna.

Purwarupa desain baru Instagram, bakal sembunyikan jumlah like

Dalam berita yang kami kutip dari Techcrunch (21/4), ada kabar bahwa Instagram tengah mengerjakan sesuatu. Mereka ingin follower Instagram fokus pada konten yang diposting penggua, bukan pada jumlah like yang diperoleh sebuah postingan. Selama masa uji, hanya orang yang membuat postingan yang tahu berapa banyak like yang ia dapatkan.

Ini mungkin perubahan kecil, tapi bakal memberi dampak besar bagi perilaku pengguna Instagram. Menyembunyikan jumlah like, bisa mengurangi stimulus bagi pemburu like di platform ini. Dengan begitu kompetisi di Instagram akan berkurang. Dengan begitu kreator di Instagram terdorong untuk menunggah karya autentik mereka. Tentu tanpa terlalu banyak berharap pada like.


BACA JUGA

Kemkominfo akhirnya buka fitur foto dan video di medsos

Twitter akui ada bug yang kumpulkan lokasi penggunanya

5 fitur baru Facebook hingga Instagram di F8


Rancangan baru ini awal mulanya ditemukan oleh Jane Manchun Wong. Ia adalah teknisi ahli yang sering mengungkap banyak fitur baru di Instagram, sebelum resmi diluncurkan ke publik. Jane, menemukan perubahan ini pada kode Android yang ia dapatkan.

Instagram sendiri mengkonfirmasi kebenaran ini kepada TechCrunch sebagai purwarupa dalam tim internal mereka. Sebagai purwarapa rancangan tersebut belum bisa dilihat publik. Perubahan ini dipercaya akan memiliki risiko kontra produktif bagi mereka.

Selain perubahan penting mengenai jumlah like yang tersembunyi, Jane juga mengatakan akan ada banyak fitur baru bermunculan di platform ini. Fitur-fitur tersebut antara lain, Stiker baru yang bisa kita bagikan di DM, filter Augmented Reality untuk Video Call di Instagram, dan masih banyak lagi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: